Jumat 29 Sep 2023 18:25 WIB

Gus Ipul: Ziarah Kubur Bukan Syirik, Jalan Terus Pak Erick Thohir!

Menteri Erick yang memanjatkan doa di makam Gus Dur dituding perbuatan syirik.

Rep: Febryan A/ Red: Erik Purnama Putra
Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul.
Foto: ANTARA FOTO/Herman Dewantoro/
Sekjen PBNU Syaifullah Yusuf alias Gus Ipul.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sekretaris Jenderal (Sekjen) Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) Saifullah Yusuf alias Gus Ipul membela Menteri BUMN Erick Thohir atas tudingan syirik karena berziarah dan berdoa di makam KH Hasyim Asy'ari dan Gus Dur, Ponpes Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Kamis (28/9/2023).

Gus Ipul menegaskan, Erick yang memanjatkan doa di makam itu bukan perbuatan syirik. Gus Ipul mengatakan, dirinya tidak akan menjelaskan panjang lebar soal dalil apa yang membenarkan ziarah kubur.

Baca Juga

Pasalnya, kiai-kiai NU, seperti Gus Mus, Kiai Huda Ploso, Kiai Anwar Mansur, dan Gus Baha sudah kerap menjelaskan dalil bahwa ziarah kubur bukan syirik. Bahkan, para ulama terkemuka NU tersebut rutin melakukan ziarah. 

"Ya, ziarah kubur tidak syirik. Wong beliau-beliau (para kiai-kiai NU tersebut) juga ziarah ke makam," kata Gus Ipul ketika dihubungi Republika.co.id di Jakarta, Jumat (29/9/2023).

Eks ketua umum GP Ansor tersebut menjelaskan, kian hari kian banyak umat Muslim Indonesia yang melakukan ziarah kubur karena sudah mendengar dalilnya dari para kiai. Gus Ipul mengaku, juga sering ziarah, bahkan dirinya dulu kerap menemani Gus Dur ziarah ke berbagai makam. 

Karena itu, Gus Ipul meminta Erick tidak perlu berkecil hati dengan tudingan syirik yang dialamatkan kepadanya tersebut, khususnya di media sosial. Dia meminta Erick untuk mendengarkan dan mengikuti perkataan dan dalil dari ulama NU saja. 

"Jadi, menurut saya itu (tudingan syirik) menambah semangat saja buat Pak Erick. Jangan berkecil hati. Harus nambah semangat, harus keliling malah ke makam-makan yang lain," kata mantan wakil gubernur Jawa Timur itu. 

"Tidak usah dipikirkan (tudingan syirik itu). Hiraukan saja. Jalan terus. Tidak usah dianggap," ujar Gus Ipul menambahkan. 

Dihubungi terpisah, Sekretaris Komisi Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH Miftahul Huda juga menyatakan ziarah kubur dan doa yang dilakukan Erick Thohir bukan perbuatan syirik. "Yang dilakukan Pak Erick bukan syirik," kata Kiai Miftah ketika dihubungi Republika.co.id dari Jakarta, Jumat.

Berdoa adalah ibadah...

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement