Jumat 29 Sep 2023 14:53 WIB

Presiden Jokowi Dianggap Puas dengan Kinerja Erick Thohir

Rekam jejak Erick Thohir selalu positif ketika diberi tugas oleh RI 1.

Presiden Jokowi menjajal LRT Jabodebek bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (3/8/2023).
Foto: Republika/Dessy Suciati Saputri
Presiden Jokowi menjajal LRT Jabodebek bersama Menteri BUMN Erick Thohir, Kamis (3/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri BUMN Erick Thohir dikenal sebagai sosok andalan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Itu terlihat dari berbagai kesempatan kala eks presiden Inter Milan tersebut dipercaya Jokowi untuk menangani tugas-tugas strategis negara.

Pengamat politik Universitas Multimedia Nusantara (UMN) Silvanus Alvin mengatakan, kepercayaan Jokowi karena melihat kinerja bagus Erick selama ini. Salah satunya, karena Ketum Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) itu dianggap mampu membawa BUMN menjadi lebih baik.

Baca Juga

"Selama ini track record dari Erick Thohir positif ya. Beberapa kali dipercaya oleh presiden untuk memegang salah satu event," kata Alvin dalam keterangannya di Jakarta, dikutip Jumat (28/9/2023).

Dalam beberapa kesempatan memang terlihat Presiden Jokowi sangat mempercayai Erick. Berbagai penugasan diamanahkan oleh RI 1, seperti Ketua Pelaksana Komite Penanganan Covid-19, Tim Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), hingga utusan Indonesia agar terhindar dari sanksi FIFA.

Bahkan, dalam urusan personal Erick mengemban tugas menjadi ketua panitia pernikahan anak ketiga Jokowi, yakni Kaesang Pangarep. Hal tersebut dinilai sebagai bentuk kepercayaan tertinggi Jokowi kepada Erick Thohir.

Alvin pun menyebut peluang Erick maju pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 menjadi besar. Sebab, Erick memiliki rekam jejak yang bagus di mata masyarakat dan didukung oleh Jokowi. "Rekam jejak Pak Erick juga cukup bagus kalau kita lihat selama ini," kata Alvin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement