Selasa 26 Sep 2023 23:13 WIB

Diduga Keracunan Gas, Belasan Warga di Aceh Timur Dilarikan ke RS

Pemerintah Aceh melakui DLHK sedang mendalami kasus dugaan keracunan gas.

Korban keracunan (ILUSTRASI). Belasan warga di Aceh Timur diduga mengalami keracunan gas.
Foto: Antara/Nyoman Budhiana
Korban keracunan (ILUSTRASI). Belasan warga di Aceh Timur diduga mengalami keracunan gas.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDA ACEH -- Pemerintah Aceh melalui Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan (DLHK) Aceh mendalami kasus belasan warga Aceh Timur yang diduga keracunan gas. Mereka akhirnya dilarikan ke rumah sakit setempat.

"Kami dapat laporan dari LHK Aceh Timur, dan tim saya sudah berangkat bergabung dengan LHK Aceh Timur untuk mendalaminya," kata Kepala DLHK Aceh A Hanan, di Banda Aceh, Selasa (26/9/2023).

Baca Juga

Sebelumnya, belasan warga Gampong Panton Rayeuk T Kecamatan Banda Alam Kabupaten Aceh Timur dilarikan ke IGD Puskesmas setempat karena diduga mengalami keracunan gas, Ahad (24/9/2023). Dan telah dirujuk ke RS Zubir Mahmud Idi.

Masyarakat setempat keracunan diduga akibat adanya kebocoran gas dari perusahaan yang bergerak di bidang Migas PT Medco E&P Malaka yang beroperasi di wilayah Aceh Timur. A Hanan menyampaikan, terkait permasalahan tersebut pihaknya sudah mengkonfirmasi ESDM dan sudah membuat laporan ke Asisten II Setda Provinsi Aceh.

"Untuk kemungkinan rapat dengan mengundang LHK Aceh Timur, BPMA, ESDM, PT Medco," kata A Hanan.

Untuk diketahui, keracunan dengan dugaan yang sama bukan pertama kali terjadi wilayah lingkar tambang tersebut. Ratusan warga juga mengungsi akibat bau busuk yang diduga akibat pencucian sumur gas perusahaan migas di daerah tersebut.

Terkait hal ini, PT Medco E&P Malaka menyatakan sedang menindaklanjuti laporan warga terkait dugaan mencium bau di sekitar area operasi hingga menyebabkan warga keracunan gas. VP Relations & Security PT Medco E&P Malaka Arif Rinaldi mengatakan perusahaan bergerak cepat dan berkoordinasi dengan instansi kesehatan setempat untuk memastikan warga mendapatkan perawatan dan penanganan medis secara intensif.

"Sebagian warga sudah diperbolehkan pulang. Perusahaan juga telah menurunkan tim kesehatan, keselamatan kerja dan lindung lingkungan ke lokasi kejadian serta memberikan penanganan kesehatan kepada warga," kata Arif Rinaldi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement