Sabtu 23 Sep 2023 22:45 WIB

Kecelakaan Maut di Exit Tol Bawen, Ini Profil Tol Bawen yang Harus Diketahui

Tol Bawen mempersingkat perjalanan Semarang menuju Solo Jawa Tengah.

Tangkapan layar saat kecelakaan yang melibatkan 13 kendaraan di Exit Tol Bawen.
Foto:

Jalan Tol Yogyakarta–Bawen atau Jalan Tol Yogelawen adalah jalan tol di Yogyakarta dan Jawa Tengah yang menghubungkan Kota Yogyakarta menuju Bawen, Jawa Tengah. Jalan tol ini merupakan bagian dari Jalan Tol Trans Jawa.

Jalan tol ini dibangun pada 2018, tersambung di ruas tol Bawen, Jalan Tol Semarang-Solo. Tol ini dibangun melayang di atas Selokan Mataram sepanjang 10 Km dan menembus terowongan antara Ambarawa dan Temanggung agar tidak merusak kawasan objek wisata kopi Banaran.

Tol sepanjang 77 KM ini melewati delapan Kecamatan di wilayah Kabupaten Magelang. Mereka adalah Ngluwar, Muntilan, Mungkid, Borobudur, Candimulyo, Tegalrejo, Secang, Grabag.

Di Ngluwar, ada tujuh desa terdampak, yakni Bligo, Pakunden, Karang Talun, Ngluwar, Jamuskauman, Plosogede, dan Blongkeng.

Muntilan meliputi Sriwedari, Sukorini, Congkrang, Adikarto, Tanjung.

Mungkid mencakup Progowati, Mendut, Rambeanak, Paremono, Bumirejo, Ambartawang, Blondo, dan Senden.

Di Kecamatan Borobudur, ada Wanurejo dan Borobudur. Candimulyo meliputi Tampirkulon, Podosoko, Tempak, Sidomulyo, dan Mejing.

Tegalrejo mencakup Tampingan, Banyuurip, Purwosari, Glagahombo, dan Purwodadi.

Di Secang ada Candiretno, Pancuranmas, Madusari, Candisari, Donorojo, dan Karangkajen. Adapun Grabag meliputi Kalikuto, Banyusari, Kartoharjo, Sidogede, Kalipucang, dan Losari.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement