Kamis 21 Sep 2023 22:54 WIB

Pemkot: Trotoar Cinere Bakal Dibangun Ramah Disabilitas

Pemkot Depok sebut pembangunan trotoar di Cinere akan ramah disabilitas.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Bilal Ramadhan
Warga berjalan di samping trotoar yang direvitalisasi. Pemkot Depok sebut pembangunan trotoar di Cinere akan ramah disabilitas.
Foto: ANTARA/Asprilla Dwi Adha
Warga berjalan di samping trotoar yang direvitalisasi. Pemkot Depok sebut pembangunan trotoar di Cinere akan ramah disabilitas.

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Depok mengeklaim pekerjaan penataan trotoar di Jalan Cinere Raya yang sedang berlangsung akan ramah bagi disabilitas. Trotoar dikatakan dibangun dengan berbagai pengaturan dan aspem yang ramah disabilitas.

"Kami membangun trotoar dengan melihat dari beberapa aspek. Salah satunya, harus ramah terhadap disabilitas," kata Kepala DPUPR Kota Depok, Citra Indah Yulianty dikutip dari situs informasi Pemkot Depok, Kamis (21/9/2023).

Baca Juga

Menurutnya, jalur trotoar juga dibuat tidak berundak atau naik turu dan tidak terputus-putus. Trotoar akan dilengkapi dengan guiding block atau penunjuk arah bagi penyandang disabilitas. Trotoar juga dibangun di ketinggian 15 sentimeter dari permukaan jalan yang memudahkan bagi mereka yang menggunakan kursi roda.

“Tidak banyak naik turunnya juga. Kami rancang khusus untuk disabilitas. Pembangunan trotoar akan menggunakan pola seperti trotoar di Jalan Margonda. Kemudian, akan dibuat bertekstur agar tidak licin, seperti tekstur kulit jeruk misalnya,” katanya.

 

Citra menjelaskan, pihaknya akan terus melakukan penyempurnaan fasilitas trotoar di Jalan Cinere Raya. Seperti, penambahan kursi dan lain-lain.

"Mudah-mudahan trotoar ini bisa dimanfaatkan masyarakat," ujarnya.

Trotoar di Jalan Cinere dibangun dari steak Abuba hingga Rumah Sakit Puri Cinere, sisi sebelah Barat. Adapun, pekerjaan dilakukan sepanjang 300 meter dengan lebar 2 meter.

Penataan menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Depok dengan nilai sebesar Rp 2,7 miliar dan lama waktu pengerjaan 4 September hingga 2 Desember 2023.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement