Selasa 19 Sep 2023 23:30 WIB

Jakarta Jadi DKJ, Cetak Ulang KTP Warga Dipastikan Gratis

Waktu perubahan KTP warga Jakarta menunggu kepastian dari pemerintah pusat.

Petugas Sudin Dukcapil Jakarta Utara melayani warga korban terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang membuat surat kependudukan di posko pengungsian di Jakarta, Senin (6/3/2023) (ilustrasi).
Foto: ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra
Petugas Sudin Dukcapil Jakarta Utara melayani warga korban terdampak kebakaran Depo Pertamina Plumpang yang membuat surat kependudukan di posko pengungsian di Jakarta, Senin (6/3/2023) (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Utara, memastikan penggantian nama Daerah Khusus Ibukota (DKI) menjadi Daerah Khusus Jakarta (DKJ) dalam Kartu Tanda Penduduk (KTP) elektronik (e-ktp) mudah dan praktis.

Warga hanya diharuskan membawa KTP ke tempat pelayanan di kantor Dukcapil ataupun kantor kelurahan dan kecamatan. Pemkot Jakut memastikan proses penggantian nama tersebut gratis.

Baca Juga

"Kalau untuk proses pencetakannya cepat hanya 15 menit dan untuk kebutuhan blankonya sedang disiapkan oleh Kementerian Dalam Negeri," kata Kepala Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kasudin Dukcapil) Jakarta Utara Ginanjar dilansir Antara, Senin (18/9/2023).

Ginanjar mengatakan pengubahan nama kota di KTP harus dilakukan lantaran tahun depan Jakarta tidak lagi berstatus ibu kota.

Hingga saat ini, Ginanjar belum bisa memastikan kapan proses pengubah nama kota di KTP akan berlangsung. Hal itu dikarenakan rencana penggantian nama kota masih dibahas di tingkat pemerintah provinsi, pemerintah pusat dan Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

"Kita masih menunggu RUU perubahannya yang sekarang sedang di siapkan oleh DPRD," kata Ginanjar.

Dia berharap regulasi tersebut bisa rampung sehingga sebanyak 1.373.122 wajib pemegang KTP di Jakarta Utara bisa melakukan perubahan nama kota dengan mudah.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Provinsi DKI Jakarta, Budi Awaludin mengatakan, pihaknya siap melayani perubahan nama kota jika DKI Jakarta sudah berubah menjadi DKJ. "Terkait cetak ulang KTP-el, memang sepantasnya saat DKI Jakarta berubah menjadi DKJ tentunya harus juga ada perubahan secara redaksional di dalam KTP bagi warga DKJ," kata Budi.

Namun perubahan tersebut akan dilakukan secara bertahap agar berjalan tertib dan menyesuaikan dengan stok blanko yang tersedia setiap harinya.

Menurut Budi, saat DKI Jakarta sudah berubah menjadi DKJ, warga pastinya berkeinginan memperbarui nama kota di KTP elektroniknya.

Budi menjelaskan bahwa blanko merupakan bahan dasar dari pencetakan KTP. Tentunya dengan perubahan nama kota, maka secara serentak identitas seluruh warga DKI menjadi DKJ.

 

sumber : ANTARA
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement