Kamis 31 Aug 2023 15:12 WIB

Jelang Piala Dunia U-17, PT Jakpro Gulung Rumput JIS dan Tambah Nursery

Rumput di nursery nantinya jadi cadangan sehingga bisa digunakan ketika dibutuhkan.

Rep: Eva Rianti/ Red: Erik Purnama Putra
Suasana Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Suasana Jakarta International Stadium (JIS) di Tanjung Priok, Jakarta Utara, Selasa (4/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jakarta Propertindo (Jakpro) mengaku melakukan perawatan terhadap rumput di Jakarta International Stadium (JIS), Jakarta Utara, menjelang momen Piala Dunia U-17 yang bakal berlangsung pada 10 November-2 Desember 2023. Perawatan yang dilakukan saat ini adalah tahap pergantian rumput. 

Direktur Utama PT Jakpro Iwan Takwin mengatakan, proses perawatan rumput di stadion utama yang sedang berjalan saat ini memiliki beberapa tahapan. Di antaranya penggulungan rumput yang dilakukan secara manual untuk menjaga keutuhan akar. Lalu, pemindahan ke lokasi nursery rumput, dan proses perawatan yang berlangsung di lokasi nursery

Baca Juga

"Proses penggantian rumput ini ke depannya akan sering kita lakukan mengingat intensitas setiap pertandingan sepak bola berbeda-beda, ada yang dua kali sehari atau tiga kali sehari, sehingga kualitas rumput pun perlu dijaga sesuai dengan intensitas pertandingan dan penggunaan lapangan tersebut," kata Iwan di Jakarta, Kamis (31/8/2023). 

Iwan menuturkan, pihaknya akan menyiapkan lebih dari satu nursery. Rumput di nursery nantinya menjadi cadangan sehingga bisa digunakan ketika dibutuhkan. 

"Rumputnya harus siap dipindahkan kapan pun dan yang di nursery bisa digunakan untuk back up bila diperlukan sewaktu-waktu, sehingga penting untuk kita memiliki beberapa lokasi nursery agar memastikan bahwa kualitas rumput yang digunakan senantiasa sesuai dengan yang direkomendasikan oleh FIFA," kata Iwan. 

Dengan dilakukannya perawatan, kata dia, rumput lapangan JIS diharapkan bisa tumbuh lebih optimal dan sempurna. Selain itu, proses treatment juga untuk mengantisipasi rumput terkelupas atau rusak karena intensitas pertandingan Piala Dunia U-17 yang tinggi. 

"Rumput-rumput yang mengalami stres karena intensitas pertandingan yang tinggi ini kita treatment di nursery agar rumput tersebut bisa melakukan recovery dan tumbuh normal kembali," ujar Iwan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement