Kamis 17 Aug 2023 19:37 WIB

HUT Ke-78 RI, Presiden Jokowi: Bersatu Kita Teguh, Bercerai Kita Runtuh

Jokowi ajak Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi dengan baik.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Erik Purnama Putra
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian tradisional di sela upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).
Foto: AP Photo/Achmad Ibrahim
Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengenakan pakaian tradisional di sela upacara peringatan HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Kamis (17/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah memperingati hari kemerdekaan ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023). Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, para pejuang dan pendiri bangsa telah mengantarkan rakyat Indonesia ke depan pintu gerbang kemerdekaan dengan cita-cita untuk menjadikan Indonesia sebagai negara yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil, dan makmur.

Selama 78 tahun pula, Jokowi mengatakan, Indonesia telah menghadapi berbagai tantangan dan cobaan yang berhasil dilewati dengan semangat gotong royong. "Indonesia melalui rupa-rupa tantangan dan cobaan yang dapat kita lewati berkat semangat gotong-royong yang jadi sifat dasar bangsa ini. Bersatu kita teguh, bercerai kita runtuh," kata Jokowi dikutip dari akun resmi Instagram-nya di Jakarta, Kamis.

Kini, lanjut Jokowi, Indonesia tengah bersiap menghadapi tantangan baru di tengah persaingan antarbangsa yang semakin sengit. Pada 2030, Indonesia juga akan memasuki bonus demografi di mana lebih dari separuh jumlah penduduk Indonesia berada pada usia produktif.

Meski begitu, Jokowi yakin, dengan persiapan yang matang sejak dini, Indonesia bisa memanfaatkan bonus demografi dengan baik. Menurut dia, kesempatan itu hanya datang sekali. "Dengan persiapan yang matang sedari dini, saya optimistis, kita akan dapat memanfaatkan bonus demografi itu dengan baik untuk membawa Indonesia menjadi negara yang maju," kata Jokowi.

Kesan pertama warga...

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement