Kamis 17 Aug 2023 14:11 WIB

Rayakan HUT Ke-78 RI Secara Berbeda, PP Ikastara Upacara di Kolong Tol Angke

PP Ikastara berupaya membawa optimisme kemerdekaan bagi para warga Kalijodo, Jakbar.

Kondisi warga yang tinggal di kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (19/6/2023).
Foto: Republika/Eva Rianti
Kondisi warga yang tinggal di kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Senin (19/6/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengurus Pusat Ikatan Alumni SMA Taruna Nusantara (PP Ikastara) merayakan HUT ke-78 RI secara berbeda. PP Ikastara bersama dengan beberapa kelompok masyarakat menggelar rangkaian perayaan di kolong Tol Angke, Kalijodo, Jakarta Barat, Kamis (17/8/2023).

Sekretaris Jenderal PP Ikastara, Surya Lung mengatakan, pihaknya mengadakan lomba bersama warga dan anak-anak sekolah, pembagian sembako, serta penyaluran pakaian dan sepatu layak pakai. Menurut dia, bersama guru dan relawan, PP Ikastara berupaya membawa optimisme kemerdekaan bagi para warga kolong tol yang mungkin selama ini kurang diperhatikan. 

"Setiap anak memiliki hak yang sama untuk mendapatkan pendidikan. Meski sudah menjadi tugas pemerintah menyediakan hal tersebut, kita juga tahu keterbatasan yang pemerintah miliki. Maka menjadi tugas kita semua, secara bersama-sama sesuai kemampuan kita, untuk membantu mereka memperoleh akses pendidikan," kata Surya di Jakarta, Kamis.

Surya mejelaskan, kegiatan diawali upacara, kemudian perayaan HUT ke-78 RI diisi dengan permainan tradisional antarsiswa maupun warga. PP Ikastara juga menghelat lomba pantun bertema kemerdekaan serta diskusi singkat dengan warga dan relawan yang sudah banyak berkontribusi untuk pengembangan pendidikan dasar warga.

Rangkaian acara kemudian ditutup dengan pembagian sembako hingga menikmati es krim bersama dengan semua anak-anak yang antusias mengikuti acara. "Jangan biarkan semangat kemerdekaan luntur dalam keterbatasan," kata Surya menjelaskan alasan menggelar acara di kolong tol.

Ke depan, PP Ikastara bersama dengan kelompok masyarakat, juga merencanakan berbagai program dan bantuan yang sifatnya berkelanjutan. Selain sarana prasarana pendidikan, disiapkan pula akses untuk kegiatan nonformal yang bertujuan mengembangkan rasa percaya diri dan kemauan memiliki cita-cita tinggi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement