Kamis 17 Aug 2023 13:18 WIB

Kades di Aceh Barat Meninggal Saat Upacara, ‘Mau Hormat ke Bendera Merah Putih’

Almarhum meninggal dalam pakaian dinas putih dan hendak hormat ke bendera.

Rep: Antara/ Red: Qommarria Rostanti
Pengibaran bendera merah putih dalam HUT Kemerdekaan ke-78 RI (ilustrasi). Seorang kades di Aceh Barat meninggal dunia saat menghadiri upacara bendera.
Foto: Edi Yusuf/Republika
Pengibaran bendera merah putih dalam HUT Kemerdekaan ke-78 RI (ilustrasi). Seorang kades di Aceh Barat meninggal dunia saat menghadiri upacara bendera.

REPUBLIKA.CO.ID, MEULABOH -- Seorang kepala desa (keuchik) di Desa Gleng, Kabupaten Aceh Barat bernama Ansari (50 tahun) dilaporkan meninggal dunia saat sedang mengikuti upacara peringatan HUT ke-78 RI pada Kamis (17/8/2023) pagi.

“Benar, seorang kepala desa di kecamatan kami meninggal dunia saat detik-detik pengibaran Bendera Merah Putih,” kata Camat Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat, Zulkifli, Kamis (17/8/2023).

Baca Juga

Ia mengatakan, Ansari meninggal dunia saat duduk di kursi bagian depan di Lapangan Desa Gleng, Kecamatan Sungai Mas, Kabupaten Aceh Barat. Almarhum meninggal dunia dalam kondisi duduk di kursi dan mengenakan pakaian dinas warna putih.

Zulkifli mengatakan kepala desa tersebut meninggal dunia saat akan berdiri untuk menghormati pengibaran bendera yang dilakukan petugas pengibar Bendera Merah Putih. “Kami sangat kehilangan sosok almarhum,” kata Zulkifli.

 

Melihat kondisi almarhum yang terduduk dalam keadaan tidak sadarkan diri, kemudian sejumlah rekan kepala desa lainnya terkejut dan memanggil dokter untuk melakukan pemeriksaan, dan korban dinyatakan telah meninggal dunia.

Pihak keluarga korban yang mengetahui Ansari meninggal dunia, kemudian meminta agar jenazah dibawa pulang ke rumah duka dan tidak bersedia dibawa ke puskesmas untuk mendapatkan visum et repertum.

Sebelum meninggal dunia, kata Camat Zulkifli, Ansari tidak mengeluh sakit dan terlihat sangat ceria karena peringatan HUT ke-78 RI tingkat kecamatan tahun ini dilaksanakan di desanya.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement