Rabu 16 Aug 2023 16:07 WIB

Survei Voxpol Tempatkan Prabowo Raih Elektabilitas Tertinggi

Eletabilitas Prabowo 36,5 persen, diikuti Ganjar 30,4 persen dan Anies 26,4 persen.

Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyapa relawan usai meresmikan Rumah Pemenangan Relawan Prabowo Presiden 2024 di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (15/8/2023).
Foto: Republika/Thoudy Badai
Ketua Umum DPP Partai Gerindra, Prabowo Subianto menyapa relawan usai meresmikan Rumah Pemenangan Relawan Prabowo Presiden 2024 di Jalan Imam Bonjol, Jakarta, Selasa (15/8/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Calon presiden (capres) Prabowo Subianto disebut sebagai sosok pemimpin yang memiliki manajemen konflik terbaik di antara kandidat capres lainnya. Hal itu membawa Prabowo ke puncak elektabilitas versi Lembaga Survei Voxpol Center periode 24 Juli-2 Agustus 2023.

Voxpol Center menemukan Prabowo di posisi teratas elektabilitas capres dalam simulai tiga nama. Prabowo berhasil mendapatkan dukungan sebesar 36,5 persen diikuti oleh Ganjar Pranowo dengan 30,4 persen dan Anies Rasyid  Baswedan 26,4 persen.

Baca Juga

Direktur Eksekutif Voxpol Center Pangi Syarwi Chaniago mengatakan, karakteristik kepemimpinan Prabowo menjadi modal utama tingginya elektabilitas. Menteri Pertahanan tersebut dianggap sebagai pemimpin yang berani mengambil keputusan dan mampu mengelola konflik dengan sangat baik.

"Prabowo Subianto dianggap berani mengambil keputusan dan mampu mengelola konflik," kata Pangi di Jakarta, Rabu (16/8/2023).

Menurut Pangi, masyarakat Indonesia melihat Prabowo sebagai sosok pemimpin yang tegas. Sikap itu menjadi perhatian masyarakat karena saat ini lebih diharapkan sosok pemimpin yang berani dan tegas.

Pangi menilai, Prabowo merupakan figur yang mampu menjawab harapan masyarakat Indonesia. Sosoknya yang gigih dan pantang menyerah menjadikan Prabowo sangat layak menjadi presiden Indonesia selanjutnya. "Pemilih Prabowo Subianto cenderung melihat dari sisi ketegasan pemimpin dan keberaniannya," ujarnya.

Pangi menjelaskan sangat wajar apabila Prabowo meraih hasil tertinggi di Voxpol karena berbagai alasan tersebut. Prabowo hingga saat ini masih menjadi capres terkuat bagi dua kandidat lainnya, yakni Ganjar dan Anies.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement