Selasa 15 Aug 2023 13:05 WIB

KKN di Pedalaman Gemakan Kampanye Cegah Penyalahgunaan Narkoba

Mahasiswa Universitas Tanjungpura menjadi tuan rumah KKN menyuarakan bahaya narkoba.

Ilustrasi KKN di Bengkayang.
Foto: Dok IPB University
Ilustrasi KKN di Bengkayang.

REPUBLIKA.CO.ID, PONTIANAK -- Kuliah Kerja Nyata (KKN) bukan sekadar menggugurkan kewajiban, menunjukkan gaya hidup mahasiswa perguruan tinggi, apalagi pamer kekayaan dan kecantikan. Ini KKN yang betul-betul menunjukkan keseriusan upaya membangun warga.

Ini adalah KKN Kebangsaan XI. Lokasinya di Bengkayang, berjarak 162 KM dari Kota Pontianak Kalimantan Barat. Di sana peserta KKN menyuarakan keharusan setiap individu membentengi diri atau harus imune terhadap bahaya penyalahgunaan narkoba. 

Baca Juga

"Kami Kelompok 8 KKN Kebangsaan yang berada di Kabupaten Bengkayang ikut peduli dengan kalangan remaja agar menghindari narkoba. Bentuknya kami melakukan sosialisasi bahaya narkoba di SMPN 1 Capkala Bengkayang," ujar peserta KKN Kebangsaan XI Rizki Alfitra Hasibuan saat dihubungi di Bengkayang, Selasa (15/8/2023).

Melalui ajakan dan sosialisasi diharapkan pelajar sejak dini memiliki pola pikir lebih baik dan terhindari dari bahaya narkoba. Dengan begitu bisa hadir generasi emas dan bonus demografi bisa dimanfaatkan untuk kemajuan daerah dan negara ini.

Apalagi menurutnya Kabupaten Bengkayang merupakan satu di antara daerah berbatasan darat langsung dengan negara tetangga Malaysia, sehingga memiliki potensi kerawanan tindakan kriminal.

"Semoga dengan pelajar menyadari bahayanya narkoba bisa memperkecil jumlah kasus narkotika yang banyak terjadi terhadap generasi muda selama ini. Saatnya generasi muda bebas narkoba," ucap dia.

Sementara itu, Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Capkala Victor menyampaikan apresiasi kepada mahasiswa KKN Kebangsaan Kelompok 8 yang menyelenggarakan kegiatan sosialisasi mengenai bahaya narkoba bagi kalangan remaja tersebut.

“Dengan sosialisasi ini tentunya berharap peserta didik kami ini bisa mengubah pola pikirnya menjadi positif dan terhindar tindakan kejahatan di lingkungan sekitar. Hal ini berdampak positif untuk perkembangan siswa/siswi kami, selain menambah wawasan dan pengetahuan pastinya mendorong perilaku siswa/siswi kami agar tidak terjerumus ke perbuatan negatif,” harap dia.

Terkait KKN Kebangsaan di Kalbar, ada sebanyak 951 mahasiswa dari 74 perguruan tinggi di seluruh Indonesia serta dua perguruan tinggi dari perguruan tinggi luar negeri, yaitu Universiti Malaysia Sarawak (Unimas) dan Universitas Teknologi MARA (UITM) Shah Alam mengikutinya.

Universitas Tanjungpura Pontianak didaulat sebagai tuan rumah KKN Kebangsaan XI 2023 yang digelar di Kalbar dari 20 Juli - 20 Agustus 2023. Khusus di Kabupaten Bengkayang, tercatat ada 491 mahasiswa yang terdaftar sebagai peserta KKN Kebangsaan IX dan telah disebar di 50 desa di seluruh kabupaten tersebut.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement