Senin 14 Aug 2023 16:43 WIB

PN Jaksel Segera Kirimkan Putusan Kasasi Ferdy Sambo Cs untuk Dilakukan Eksekusi

MA mengubah hukuman mati dua peradilan sebelumnya menjadi hukuman seumur hidup.

Rep: Bambang Noroyono/ Red: Agus raharjo
Terdakwa Ferdy Sambo  saat menjalani sidang vonis kasus dugaan pembunuhan berencana terhadap Brigadir J di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (13/2/2023). Majelis Hakim menjatuhkan vonis terhadap terdakwa Ferdy Sambo dengan hukuman mati.
Foto:

Lima hakim agung yang memutuskan kasasi tersebut. Yakni, Hakim Suhadi selaku ketua majelis kasasi, dan empat anggota majelis lainnya, Hakim Suharto, Hakim Jupriyadi Hakim Desnayeti, dan Hakim Yohanes Priyatna. Kepala Biro Humas MA Sobandi mengatakan, putusan kasasi dari lima hakim tersebut tak bulat.

Menurut dia, dua hakim agung menyatakan beda pendapat. “P-1 dan P-3 dissenting opinion,” kata Sobandi.

Namun dua hakim dissenting opinion itu, tetap kalah dari tiga hakim lainnya, yang memutuskan pengurangan hukuman. “Dissenting opinion itu berbeda pendapat dengan putusan, dan itu memang dibolehkan. Dua (hakim) yang dissenting opinion, tetapi, yang dikuatkan yang tiga,” kata Sobandi.

Dengan adanya hasil kasasi tersebut, kata Sobandi, secara hukum putusan terhadap empat terdakwa pembunuhan berencana Brigadir J tersebut sudah inkrah dan sudah dapat dieksekusi. “Sudah inkrah, sudah berkekuatan hukum tetap dan sudah dapat dieksekusi,” ujar Sobandi.

Kejaksaan Agung (Kejagung) mengatakan, putusan kasasi MA tersebut sudah tak dapat dilawan lagi. Karena JPU tak lagi punya hak mengajukan Peninjauan Kembali (PK) sebagai upaya hukum luar biasa. Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana mengatakan, kejaksaan hanya tinggal menunggu salinan putusan tersebut untuk segera dilakukan eksekusi.

“Kita masih menunggu salinan putusan lengkapnya dari MA untuk segera dilakukan eksekusi putusan,” tegas Ketut.

photo
Diskon putusan kasasi Ferdy Sambo cs. - (Republika)

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement