Ahad 13 Aug 2023 18:45 WIB

Dukung Inovasi Masyarakat, Relawan Kowarteg Ganjar Gelar Pelatihan Pembuatan Brownis

Diharapkan kegiatan ini memberikan dampak terhadap perekonomian.

Pelatihan usaha mikro kuliner dengan membuat hidangan kue brownies kukus kepada puluhan masyarakat di Desa Sanggar Arum, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.
Foto: Dok. Web
Pelatihan usaha mikro kuliner dengan membuat hidangan kue brownies kukus kepada puluhan masyarakat di Desa Sanggar Arum, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JOMBANG -- Di tengah popularitas ragam kue jenis baru yang terus bermunculan, kue brownies kukus masih jadi primadona kuliner yang masih populer di kalangan masyarakat Indonesia. Misalnya, saat menghadapi momen hari raya, pesta dan kue hantaran brownies kukus menjadi opsi hidangan yang bisa disajikan.

Dengan demikian, relawan Kowarteg Indonesia mengadakan pelatihan usaha mikro kuliner dengan membuat hidangan kue brownies kukus kepada puluhan masyarakat di Desa Sanggar Arum, Kecamatan Mojowarno, Kabupaten Jombang, Jawa Timur. 

Baca Juga

"Pelatihan ini kan kebutuhan di masyarakat cukup tinggi dan bahan-bahannya mudah dijangkau, serta alat-alatnya pun bisa dilalukan dengan handmade," ujar Koordinator Kowarteg Indonesia di Jawa Timur Kiki Kurniawan, seperti dinukil pada Ahad (13/8/2023). 

Dengan mayoritas masyarakat berprofesi sebagai petani, Kiki mengaku Kowarteg Indonesia didukung oleh masyarakat di lingkungan sekitar.

Dirinya menilai, hal tersebut bisa memberikan dampak dalam menumbuhkan sektor ekonomi baru di sektor kuliner dengan pengelolaan secara berkesinambungan. Selain itu juga, hasil dari pelatihan membuat brownies kukus bisa dipraktikkan saat momen-momen berkumpul warga setempat.

"Alhamdullilah, warga merasa senang karena ini bermanfaat dalam menambah ilmu dan meningkatkan keterampilan masyarakat dalam mengembangkan produk UMKM, khususnya untuk ibu-ibu majelis taklim dan PKK, biasanya beli tapi dengan adanya pelatihan seperti ini kan, bisa membuat sendiri," ucap Kiki.

"Selain silaturahmi, kami ingin memberikan sosialisasi kepada warga bahwa Kowarteg Indonesia sangat mendukung Pak Ganjar untuk menjadi Presiden di 2024," ucap Kiki.

Oleh karena itu, Kiki berupaya untuk terus dapat melakukan program pendampingan dari setiap program yang dilakukan Kowarteg Indonesia agar prosesnya bisa dipantau dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat.

"Agar ini bisa dikelola menjadi produk UMKM yang bisa dikembangkan lebih besar lagi, karena itu kami mencoba melakukan proses pendampingan supaya hasilnya bisa dirasakan manfaatnya dalam mendorong kesejahteraan warga," lanjut Kiki.

Kiki berharap Kowarteg Indonesia bisa konsisten sebagai kepanjangan tangan Ganjar Pranowo dalam memberikan dampak melalui program pemberdayaan kepada masyarakat.

"Harapannya supaya warga Jombang bisa mengenal Pak Ganjar lebih jauh melalui program yang diberikan Kowarteg Indonesia kepada mereka," kata Kiki. 

Sebelumnya, Kowarteg memberikan pelatihan usaha mikro kuliner untuk ibu-ibu yang tinggal di kawasan Genting Tambak Dalam, Surabaya, Jawa Timur.

Koordinator Wilayah Kowarteg Indonesia Jawa Timur Kiki Kurniawan mengatakan, kegiatan tersebut dilakukan untuk meningkatkan taraf ekonomi masyarakat, terutama ibu-ibu di Surabaya.

"Kami membuat pelatihan membuat kue tar kepada ibu-ibu agar mereka bisa mandiri dan meningkatkan ekonomi keluarganya," ujar Kiki, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement