Sabtu 12 Aug 2023 06:35 WIB

Republika.co.id Raih Penghargaan Media Brand Awards 2023

Penghargaan Media Brand Awards 2023 diserahkan langsung Gubernur Bali I Wayan Koster.

Wapemred Republika.co.id Nur Hasan Murtiaji menerima penghargaan dari Gubernur Bali I Wayan Koster.
Foto: Dok Republika.co.id
Wapemred Republika.co.id Nur Hasan Murtiaji menerima penghargaan dari Gubernur Bali I Wayan Koster.

REPUBLIKA.CO.ID, DENPASAR -- Republika.co.id mendapatkan penghargaan dari Serikat Perusahaan Pers (SPS) sebagai salah satu pemenang Media Brand Awards 2023 untuk kategori Media Nasional. Penghargaan ini diberikan pada acara "Malam Selebrasi 77 Tahun SPS", di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Kota Denpasar, Jumat (11/8/2023).

Penghargaan Media Brand Awards 2023 diserahkan langsung oleh Gubernur Bali I Wayan Koster yang disaksikan Ketua SPS Januar P Ruswita, kepada Wakil Pemimpin Redaksi Republika Nur Hasan Murtiaji. Wayan Koster yang menyerahkan penghargaan tersebut menyampaikan apresiasinya terhadap peran pers dalam membangun persepsi kebijakan publik.

"Tanpa pers, kita tidak ada artinya. Pemimpin bisa menjadi besar karena pers, tapi bisa juga jatuh karena pers. Tinggal pilih yang mana," kata Koster.

Media Brand Awards merupakan penghargaan yang diberikan SPS kepada media nasional dan lokal arus utama yang dinilai sukses dalam membangun dan mengelola brand-nya di platform digital. Tujuan dari penghargaan ini untuk mendorong media memanfaatkan platform digital dalam hal ini di media sosial Twitter, Facebook, Instagram, dan Youtube sebagai alat untuk memperkuat nilai dan pengaruh dari brand-nya di masyarakat digital.

Penghargaan Media Brand Awards 2023 berbasiskan pada media monitoring yang penilaiannya berdasarkan pada jumlah coverage positif tertinggi di media sosial yang dihitung sepanjang Mei 2022-Mei 2023. Coverage yang dimaksud berupa menyebut, menampilkan, atau mendiskusikan tentang media pemenang.

Dalam kategori media, SPS bekerja sama dengan Kazee Digital Indonesia, perusahaan media monitoring independen. Kazee menggunakan metode kuantitatif secara real time dan analisis kualitatif yang Kazee dan SPS lakukan.

Menanggapi penghargaan ini, Nur Hasan menyampaikan terima kasih kepada SPS karena didapuk sebagai salah satu pemenang Media Brand Awards 2023. "Penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras semua tim di Republika dalam ikhtiarnya untuk menghadirkan informasi yang kredibel, berkualitas, memberikan inspirasi, dengan tetap memegang pada prinsip-prinsip jurnalisme," kata Nur Hasan.

Penghargaan SPS ini juga menjadi kado ulang tahun bagi Republika.co.id yang telah hadir menyapa pembaca sejak Agustus 1995. "Tahun ini menandai kehadiran Republika.co.id yang ke-28 tahun," kata Nur Hasan.

Selain Media Brand Awards, SPS juga memberikan penghargaan Pemimpin Terpopuler di Media Arus Utama 2023 Kategori Pemimpin Daerah, Kategori Menteri dan Kepala Lembaga, Penghargaan Korporasi Terpopuler di Media Arus Utama 2023, Penghargaan Media Relations Award 2023 Kategori Media Special Program, Kategori Press Gathering Terbaik, dan Kategori Press Conference Terbaik.

SPS dibentuk pada 8 Juni 1946 oleh sejumah tokoh nasional dan pendiri perusahaan pers nasional di Yogyakarta. Mereka mengikrarkan berdirinya Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) sebagai alat perjuangan dalam menjaga kedaulatan Republik Indonesia melalui pers. Saat Kongres SPS ke-23 pada 2011 di Bali, SPS bertransformasi dan mengubah brand Serikat Penerbit Suratkabar menjadi Serikat Perusahaan Pers.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement