Jumat 11 Aug 2023 22:48 WIB

Kurangi Polusi Udara, DKI Siapkan 100 Bus Listrik untuk Dioperasikan Transjakarta

Dinas Perhubungan DKI juga mendapat 186 unit kendaraan listrik.

Bus Listrik Transjakarta. Dorong elektrifikasi di sektor aangkutan umum, Pemprov DKI adakan 100 unit bus listrik.
Foto: ANTARA/Reno Esnir
Bus Listrik Transjakarta. Dorong elektrifikasi di sektor aangkutan umum, Pemprov DKI adakan 100 unit bus listrik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Provinsi DKI Jakarta menyiapkan pengadaan 100 unit bus listrik dalam upaya mengurangi pencemaran udara. Bus akan dioperasikan PT TransJakarta.  

"Target kami mendorong elektrifikasi pada layanan angkutan umum," kata Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta Syafrin Liputo saat konferensi pers di Gedung Direktorat Jenderal Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan, Jakarta Timur, Jumat (11/8/2023).

Baca Juga

Syafrin berharap masyarakat yang sehari-hari masih menggunakan kendaraan pribadi dapat beralih ke bus listrik.

"Harapannya adalah dengan berbagai upaya tadi ada kesadaran masyarakat untuk mulai beralih dan menggunakan layanan angkutan umum masal yang disiapkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta," ujar Syafrin.

Bagi yang tetap memilih kendaraan pribadi, lanjut Syafrin, Pemprov DKI mendorong peralihan kendaraan-kendaraan konvensional ke kendaraan listrik.

"Kami juga mendorong untuk elektrifikasi di sektor angkutan umum maupun kendaraan bermotor. Pemerintah Provinsi DKI Jakarta saat ini telah memberikan insentif bagi masyarakat yang membeli kendaraan bermotor listrik di mana Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor atau BBNKB-nya nol rupiah," ucap Syafrin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement