Senin 31 Jul 2023 09:01 WIB

Ini Faktor Utama Kelompok Purnawirawan TNI-Polri Beri Dukungan ke Ganjar

Para Purnawirawan TNI-Polri juga memantapkan dukungannya.

Ngopi (Ngobrol Pagi) bersama 273 Purnawirawan TNI-Polri yang berjejaring dalam Relawan Gapura Nusantara. Acara berlangsung di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara pada Ahad (30/7/2023).
Foto: Dok. Web
Ngopi (Ngobrol Pagi) bersama 273 Purnawirawan TNI-Polri yang berjejaring dalam Relawan Gapura Nusantara. Acara berlangsung di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara pada Ahad (30/7/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Bakal calon presiden (bacapres) 2024 dari PDI-P Ganjar Pranowo, menghadiri acara Ngopi (Ngobrol Pagi) bersama 600 Purnawirawan TNI-Polri yang berjejaring dalam Relawan Gapura Nusantara. Acara berlangsung di Hotel Mercure Convention Center Ancol, Jakarta Utara, pada Ahad (30/7/2023).

Turut hadir dalam acara tersebut Jenderal TNI (Purn) Muhammad Andika Perkasa, Jenderal Polisi (Purn) Tan Sri Drs. Da'i Bachtiar, Jenderal Polisi (Purn) Bimantoro, Laksamana TNI (Purn) Bernard Kent Sondakh yang juga Ketua Dewan Pembina Relawan Gapura Nusantara, Laksdya TNI (Purn) Agus Setiaji sebagai Ketua Umum Relawan Gapura Nusantara dan Marsekal TNI (Purn) Agus Supriyatna. 

Baca Juga

Pada kesempatan itu, Ganjar menerima sejumlah masukan dan aspirasi dari para purnawirawan, khususnya terkait pertahanan dan keamanan (hankam) bangsa Indonesia hari ini dan ke depannya.

Para purnawirawan TNI-Polri juga memantapkan dukungannya ke Ganjar Pranowo untuk menjadi Presiden RI 2024-2029. "Hari ini ada Purnawirawan TNI-Polri memberikan dukungan ke saya, saya menyampaikan terima kasih ya. Tapi konten yang kita bicarakan adalah saya mencoba mendengarkan dan meminta masukan dari TNI-Polri terkait dengan pertahanan, keamanan dan beliau tadi menyampaikan satu per satu dengan sangat bagus, bahkan saya diberikan dokumen," ujar Ganjar usai acara.

Ganjar menambahkan, masukan-masukan dari Purnawirawan TNI-Polri sebagai prajurit yang mengenal berbagai medan geografis Indonesia sangat penting untuk menguatkan keputusan-keputusan dan kebijakan yang akan diambil nantinya terkait hankam.

Satu per satu masukan dan aspirasi dari Relawan Gapura Nusantara pun disambut dan ditampung dengan baik oleh Ganjar.

"Ini yang nanti akan kita diskusikan lebih dalam agar dalam pengambilan kebijakan public policy dalam persoalan hankam itu bisa betul-betul clear karena dunia berubah, posisi Indonesia sangat strategis, maka kita jangan sampai kalah," kata Ganjar.

Bacapres berambut putih itu melanjutkan, kondisi global yang berkembang dengan cepat mengikuti zaman harus siap disambut dengan sejumlah kebutuhan yang diperlukan, termasuk dari sisi kepemerintahan.

Menurut Ganjar, tantangan global tersebut harus dihadapi dan dikembangkan tidak hanya dalam waktu yang sebentar, tetapi hingga 25-30 tahun ke depan. 

"Ada banyak sekali tadi cerita alutsista, cerita SDM, cerita proyeksi soal hankam ke depan seperti apa karena ada masalah yang mesti kita bereskan dari sisi perkembangan dunia teknologi bio sains, tapi juga ada posisi existing pertahanan kita wabil khusus soal alutsista kita yang harus kita proyeksikan 25-30 tahun ke depan, sehingga kita tidak ketinggalan," kata Ganjar.

Lebih lanjut, Ganjar dan Relawan Gapura Nusantara juga turut membahas ihwal kesejahteraan para purnawirawan dan keluarga.

Ganjar pun menyebutkan bakal memperhatikan kesejahteraan purnawirawan jika kelak dipercaya menjadi Presiden RI 2024-2029.

"Termasuk juga kesejahteraan, kalau tadi disampaikan the man behind the gun sehingga mereka juga akan bisa loyal, konsisten berjuang di situ, tidak lagi berpikir masalah-masalah yang ada di domestik atau rumah tangganya. Ini ya tentu kesejahteraan mereka mesti diperhatikan juga," ucap Ganjar.

Sementara itu Jenderal Polisi (Purn) Da'i Bachtiar menuturkan, salah satu alasan Relawan Gapura Nusantara menjatuhkan pilihan ke Ganjar lantaran Ganjar dinilai sangat memahami dan menguasai kondisi bangsa Indonesia.

Tidak hanya persoalan bangsa, Ganjar juga disebut mampu menguasai dan menangkap persoalan global untuk kemudian menjawab dengan program dan kebijakan konkret sebagai langkah penyelesaian.

"Ada surprise penjelasannya Pak Ganjar. Saya tadi komentar, 'bapak sudah cerita bukan gubernur lagi, bapak sudah presiden ceritanya'. Jadi beliau sangat menguasai sekali bagaimana Republik Indonesia ini," kata Da'i Bachtiar.

"Baik kondisinya, bagaimana pengaruh global, lingkungan strategis yang akan mempengaruhi Indonesia ke depan dan bagaimana berpikir masa depan Indonesia, terutama bagaimana konsentrasi beliau kepada milenial, beliau sangat menguasai betul," sambungnya.

Hal serupa juga turut disampaikan Jenderal TNI (Purn) Andika Perkasa. Menurutnya, Ganjar Pranowo adalah sosok bacapres yang paling layak dan berpotensi untuk menjadi Presiden 2024.

"Mas Ganjar ini kan memang orang yang tepat untuk mencalonkan menjadi presiden. Kita kan mendukung semua di sini," kata Andika.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement