Jumat 28 Jul 2023 09:41 WIB

Agen Perisai Mudahkan Warga Dapatkan Jaminan Sosial Ketenagakerjaan

Melalui perisai, warga tercerahkan dengan literasi jaminan sosial ketenagakerjaan.

Suhuri menyampaikan info tentang perisai yang menjadi perpanjangan tangan BP Jamsostek
Foto: Dokpri
Suhuri menyampaikan info tentang perisai yang menjadi perpanjangan tangan BP Jamsostek

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Negara mengharuskan setiap pekerja terlindungi program ketenagakerjaan. Caranya dengan urun iuran. Tujuannya agar tidak memberatkan mereka. Semua pekerja urun iuran. Dana yang terkumpul dikelola dalam bentuk investasi sehingga tumbuh dan menguntungkan pekerja.

Manfaat dari kepesertaan menjadi lebih besar. Bentuknya bukan sekadar untuk keberlangsungan ekonomi, melainkan juga untuk mendukung keluarga menghasilkan generasi penerus bangsa yang berpendidikan tinggi.

Baca Juga

Cara menjadi peserta perlindungan ini tidak hanya dengan daftar daring melalui aplikasi JMO atau langsung ke kantor BP Jamsostek terdekat. Bisa juga dengan mendaftarkan diri melalui anggota Penggerak Jaminan Sosial Indonesia (perisai). Mereka adalah agen yang bertugas mengedukasi, sosialisasi, serta memberikan pemahaman program jaminan sosial ketenagakerjaan kepada masyarakat umum di desa atau kelurahan. Tujuannya untuk memperluas cakupan kepesertaan pekerja informal dan pemilik Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM).

Perisai merupakan perpanjangan tangan dari BPJS Ketenagakerjaan di berbagai cabang, termasuk cabang Jakarta Plaza BP Jamsostek. Mereka membantu menyelenggarakan program jaminan sosial ketenagakerjaan, mengakuisisi peserta, melakukan sosialisasi, edukasi program perlindungan pekerja kepada masyarakat. Juga mengelola kepesertaan program jaminan sosial ketenagakerjaan.

Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Kantor Cabang Plaza BP Jamsostek Suhuri menyampaikan, setiap anggota perisai memiliki kantor yang telah ditetapkan.

“Kehadiran mereka menjadi strategis untuk meningkatkan kualitas penyelenggaran program jaminan sosial ketenagakerjaan di masyarakat. Dengan peranan perisai, kepesertaan dan literasi perlindungan pekerja beserta manfaat program menjadi lebih tersebar luas dengan cepat dan tepat,” jelas Suhuri.

Masyarakat dapat memanfaatkan para agen perisai untuk mendapatkan informasi tentang program BPJS Ketenagakerjaan. Warga menjadi tercerahkan dengan literasi jamsostek terkait dengan kepesertaan, besaran iuran, dan manfaat. Juga lebih mudah mendaftarkan diri menjadi peserta.

Selain menjelaskan tentang program BPJS Ketenagakerjaan kepada agen perisai, juga dijelaskan tentang manfaat sebagai agen perisai.

Risiko pekerjaan bisa dialami setiap orang sehingga perlu pelindungan jaminan sosial ketenagakerjaan.Dengan menjadi peserta program BPJS Ketenagakerjaan, pekerja akan merasa aman saat beraktivitas di lingkungan kerja dan tidak perlu khawatir terhadap risiko kerja yang tak menentu.

“Kami menyediakan pelayanan yang sangat luas melalui agen perisai dan Pusat Layanan Kecelakaan Kerja (PLKK) agar lebih mudah dan cepat dalam menjakau memberikan pelayanan kepada  masyarakat,” kata Suhuri.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement