Selasa 25 Jul 2023 15:36 WIB

Cyber University Gelar Cybertech Ajak Generasi Muda Manfaatkan TikTok untuk Bisnis

TikTok menjadi aplikasi cukup unik dibandingkan media sosial lainnya.

Cyber University menggelat workshop digital bisnis & kunjungan industri kreatif bertajuk Cybertech.
Foto: Dok. Cyber University
Cyber University menggelat workshop digital bisnis & kunjungan industri kreatif bertajuk Cybertech.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pengalaman industri merupakan salah satu poin penting yang diperhitungkan oleh perusahaan saat mencari karyawan. Seorang pelamar yang memiliki pengalaman kerja biasanya akan lebih diutamakan. Menyikapi hal tersebut, Universitas Siber Indonesia atau Cyber University yang dulunya bernama BRI Institute menggandeng Startup DCC (Digital Creative Center) atau AlfaOne, menyelenggarakan Workshop Digital Bisnis & Kunjungan Industri Kreatif dengan tajuk ‘CyberTech’.

Bertempat di Aula Cyber University, Jakarta Selatan, CyberTech ini dilaksanakan pada 24-27 Juli 2023. Di hari pertama pelaksanaan CyberTech, dihadiri oleh peserta dari SMA Kartika VIII-1 Jakarta, yang mendapatkan informasi seputar Tiktok.

Baca Juga

Syarah Seimahuira selaku narasumber dalam CyberTech ini menjelaskan tentang Tiktok Affiliate. Ia mengatakan bahwa Tiktok merupakan salah satu patform yang biasa digunakan untuk sharing video singkat. Tidak seperti sosial media biasa lainnya, tiktok yang juga bisa digunakan sebagai market place dengan tiktok shop.

“Tiktok memiliki algoritma unik yang beda dari platform media sosial lainnya. Tiktok merupakan content distribution, yang dapat mendistribusikan content secara random ke 200 orang pertama tidak hanya sekedar ke followernya saja. Jika viral dari 200 orang pertama itu, tiktok bisa mendiatribusikan ke lebih 200 bahkan 1000 pengguna tiktok lainnya,” jelas Syarah, dalam keterangan tertulis, Selasa (25/7/2023).

Ia juga mengatakan bahwa tiktok sangat bagus untuk dimanfaatkan dalam berbisnis. Salah satu stategi dalam digital marketing di tiktok biasa disebut sebagai affiliate marketing.  Memiliki tujuan meningkatkan penjualan dengan cara berkolaborasi dengan selebriti, influencer atau pembeli dengn memberikan komisi untuk melakukan promosi.

“Beberapa syarat tiktok affiliate, memiliki kartu identitas, memiliki akun tiktok shop yang berbeda dengan akun tiktok biasa, harus memiliki rekening bank atas nama kartu identitas, tidak ada syarat minimum followers. Namun ada syarat lainnya, seperti harus memiliki akun ke dua yang memiliki lebih dari 2000, minimal usia 18 tahun, dan Upload video di Tiktok setidaknya 28 terakhir,” tutupnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement