Selasa 18 Jul 2023 10:57 WIB

Profil Dubes RI untuk Korsel yang Dilantik Jokowi Jadi Wantimpres

Satu setengah tahun menjadi dubes, Gandi Sulistiyanto kini anggota Wantimpres.

Rep: Fergi Nadira B/ Red: Erik Purnama Putra
Duta Besar (Dubes) RI untuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto dilantik menjadi anggota Wantimpres.
Foto: Republika/Ferginadira
Duta Besar (Dubes) RI untuk Korea Selatan (Korsel) Gandi Sulistiyanto dilantik menjadi anggota Wantimpres.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Duta Besar (Dubes) RI untuk Korea Selatan (Korsel), Gandi Sulistiyanto, telah dilantik sebagai anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (17/7/2023). Gandi termasuk salah satu sosok yang digeser posisinya oleh RI 1.

Dubes Gandi tiba di Korsel pada awal Januari 2022 dan mulai bertugas sebagai dubes RI di negeri Ginseng setelah dilantik Jokowi pada 17 November 2021. Gandi sempat mendampingi Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri yang diutus Jokowi menghadiri pelantikan Presiden Korsel Yoon Suk-Yeol pada 10 Mei 2022.

Dubes Gandi menyambut Jokowi dalam kunjungan kerja di Korsel pada 27-28 Juli 2022. Saat itu, diselenggarakan rangkaian pertemuan presiden RI dan Korsel di Seoul. Presiden Korsel juga berkunjung ke RI dalam dalam rangka KTT G20 yang dipimpin Jokowi di Bali pada 15-16 November 2022.

Gandi juga mengetuai ASEAN Committee in Seoul (ACS) untuk periode Januari-Juni 2023. Sejalan dengan Presidensial Indonesia di ASEAN bertema 'ASEAN Matters: Epicentrum of Growth', Gandi selalu menekankan sentralitas ASEAN sebagai kunci kemitraan dan persahabatan negara ASEAN.

Inisiatif demi inisiatif kepemimpinan KBRI Seoul di ACS bergulir sepanjang paruh pertama 2023, termasuk pertemuan dan diskusi para Dubes ASEAN di Seoul dengan Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno LP Marsudi, Menlu Korsel Park Jin, Menlu RI periode 2001-2009 Hassan Wirajuda, serta Ketua Parlemen Korea.

KBRI Seoul juga menyelenggarakan briefing media dengan Keketuaan Indonesia di ASEAN sebagai salah satu tema utama, pertemuan silaturahim Atase Pertahanan ASEAN di Seoul, workshop batik, serta pengenalan gamelan sebagai Warisan Budaya Tak Benda Indonesia untuk pasangan dubes negara anggota ASEAN di Seoul.

KBRI Seoul juga memfasilitasi kegiatan special briefing KASI oleh Kemenlu Korsel, dan pertemuan dengan dubes Republik Rakyat Cina di Seoul. "Duta Besar Gandi Sulistiyanto telah membuktikan bahwa sejalan dengan ASEAN Matters, Komite ASEAN di Seoul juga penting," kata para dubes negara ASEAN saat acara serah terima Keketuaan ACS dari Indonesia kepada Laos pada 13 Juli 2023.

Peringatan 50 tahun hubungan diplomatik Indonesia dan Korsel pada 2023 juga ditandai dengan berbagai inisiatif Dubes Gandi melalui rangkaian kegiatan, antara lain Sayembara Logo 50 Tahun Persahabatan Indonesia Korea, Forum Bisnis untuk Penguatan Kerja Sama Sektor Keuangan yang dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) RI, serta Forum Bisnis untuk Penguatan Kerja Sama Investasi Sektor Kendaraan Listrik dan Sektor Kesehatan yang dihadiri oleh Menko Maritim dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan.

Pada Agustus 2023, dalam rangka menyambut peringatan HUT RI ke-78 direncanakan kegiatan peluncuran mobil listrik bermotif Batik yang merupakan inisiatif KBRI Seoul bekerja sama dengan Hyundai Motor Manufacturing Indonesia/HMMI.

Di dalam struktur KBRI Seoul, atas prakarsa Dubes Gandi Sulistiyanto, mulai bulan Februari 2022, Fungsi Penerangan Sosial Budaya diperluas menjadi Fungsi Ekonomi Kreatif, Digital, Startup, dan Diplomasi Publik yang difokuskan untuk menumbuhkembangkan kolaborasi antara pelaku ekonomi kreatif digital startup kedua negara serta diplomasi people-to-people kedua negara.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement