Senin 17 Jul 2023 16:00 WIB

Dorong Munaslub untuk Ganti Airlangga, Lawrence Sibuarian Dipanggil Dewan Etik Golkar

Lawrence mempertanyakan kompetensi Dewan Etik Golkar meminta klarifikasi kepadanya.

Rep: Wahyu Suryana, Nawir Arsyad Akbar/ Red: Andri Saubani
Politisi senior Partai Golkar, Lawrence Siburian.
Foto:

Pada pekan lalu, Ketua Dewan Pakar Partai Golkar, Agung Laksono mengatakan, pihak yang merekomendasikan munaslub sebagai 'penumpang liar'. Padahal, tiga poin rekomendasi Dewan Pakar Partai Golkar adalah bagian dari upaya untuk memperkuat soliditas kader partai Khususnya dalam menghadapi pemilihan umum (Pemilu) 2024 dan proses pencalonan Airlangga sebagai bakal calon presiden (capres).

"Rekomendasi Dewan Pakar untuk menguatkan semangat kader-kader Partai Golkar di seluruh Indonesia dalam menghadapi Pemilu 2024. Tidak ada rekomendasi munaslub, saya selaku Ketua Dewan Pakar Partai Golkar menolak tegas adanya munaslub," ujar Agung lewat keterangannya, Kamis (13/7/2023).

Menurutnya, isu munaslub Partai Golkar sengaja diembuskan oleh pihak-pihak yang ingin mengganggu soliditas partainya. Ia melihat adanya penumpang liar yang coba menghembuskan pergantian ketua umum partai berlambang pohon beringin itu.

"Padahal Dewan Pakar tidak ada sama sekali merekomendasikan Munaslub. Saya minta isu Munaslub ini untuk dihentikan," ujar Agung.

Saat ini, mesin partai perlu segera bergerak menyapa rakyat jelang Pemilu 2024. Sambil memberikan waktu kepada Airlangga untuk menentukan bakal calon wakil presiden (cawapres) pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

"Lebih cepat lebih baik, kita serahkan urusan ini kepada Pak Airlangga Hartarto, sambil kita intensifkan program Airlangga Hartarto Menyapa Rakyat di seluruh Indonesia, demi memenangkan Pilpres dan Pileg 2024," ujar anggota Dewan Pertimbangan Presiden (Wantimpres) itu.

 

Ketua DPP Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily pun menegaskan, bahwa partainya kompak dan solid jelang Pemilu 2024. Sehingga, ia membantah pernyataan yang menyebut kinerja Airlangga Hartarto sebagai ketua umum buruk.

"Terburuk gimana? Gini ya partai Golkar sekarang ini solid dan itu terbukti di dalam rapat kerja nasional kemarin. Semua ketua-ketua DPD Partai Golkar tingkat provinsi menyatakan dukungan sepenuhnya ke kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto," ujar Ace di Gedung Nusantara II, Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (13/7/2023).

Ia ingin, kader-kader Partai Golkar tak terpecah-belah dengan adanya gerakan yang mendorong terjadinya munaslub. Jangan sampai isu pergantian ketua umum justru mengurangi fokus partai dalam menghadapi Pemilu 2024.

"Semua kader sekarang ini adalah memastikan supaya Golkar menang Pemilu 2024, jadi bukan hanya Ketua Umum saja, tetapi juga semua komponen partai Golkar. Baik di pusat provinsi, kabupaten/kota, pengurus kecamatan, desa untuk memastikan agar Golkar menang gitu Pemilu 2024," ujar Ace.

Di samping itu, ia juga menjelaskan bahwa munaslub dapat digelar jika dihadiri oleh dua per tiga Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar. Hal tersebut sudah diatur dalam anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partainya.

"Tidak ada satupun di antara 38 provinsi (mendorong munaslub). Kemarin di dalam Rakernas 38 DPD provinsi semua memberikan dukungan penuh atas kepemimpinan Pak Airlangga Hartarto," ujar Ace yang juga Ketua DPD Partai Golkar Jawa Barat.

 

photo
Infografis Isyarat Perjalanan Ridwan Kamil Bergabung Golkar - (Republika.co.id)

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement