Sabtu 08 Jul 2023 15:27 WIB

Pengembangan Pariwisata Tekan Angka Pengangguran

Pariwisata menggerakkan ekonomi daerah.

Sejumlah penari menampilkan tarian Mancing yang mengambarkan kehidupan sehari- hari warga Saereri.
Foto: ANTARA/Sakti Karuru
Sejumlah penari menampilkan tarian Mancing yang mengambarkan kehidupan sehari- hari warga Saereri.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura, Papua, mengatakan bahwa sektor pariwisata pada daerah ini turut berkontribusi mengurangi angka pengangguran.

Penjabat Bupati Jayapura Triwarno Purnomo di Sentani, Sabtu, mengatakan bahwa jumlah penduduk di daerah tersebut pada 2022 sebanyak 171.331 jiwa dengan laju pertumbuhan yakni 0,17 persen.

Baca Juga

"Pada 2022 penduduk yang bekerja di Kabupaten Jayapura tercatat sebanyak 60.479 jiwa dari jumlah penduduk yang ada," katanya.

Menurut Triwarno, ini artinya bahwa ada 110.852 penduduk yang tidak bekerja, termasuk di dalamnya kelompok usia rentan seperti anak-anak, lanjut usia dan penyandang disabilitas.

"Untuk menekan angka pengangguran maka Pemerintah Kabupaten Jayapura fokus mengembangkan sektor pariwisata guna membuka lapangan kerja baru," ujarnya.

Dia menjelaskan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Jayapura, pekerja laki-laki merupakan yang terbanyak yakni 36.594 jiwa sedangkan perempuan 23.885.

"Kami berharap dengan bertumbuhnya sektor pariwisata dapat menyerap lebih banyak tenaga kerja baru sehingga jumlah pengangguran ikut berkurang," katanya lagi.

Pihaknya telah membangun kerja sama dengan industri pariwisata di Kabupaten Jayapura guna pengurangan jumlah pengangguran di daerah tersebut.

"Melalui dinas terkait kita akan melatih para pencari kerja agar ketika memasuki dunia industri mereka telah siap pakai," ujarnya lagi.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement