Kamis 06 Jul 2023 08:44 WIB

Tampil di Papua Street Carnival, TOP.ID akan Wakili PYCH

Program ini merekrut para teknisi asli Papua.

Seorang teknisi TOP.ID.
Foto: Dok. Web
Seorang teknisi TOP.ID.

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Inovasi dari anak muda yang tergabung dalam Papua Youth Creative Hub (PYCH), TOP.ID telah meluncurkan layanan servis HP dan laptop untuk masyarakat Papua. TOP.ID akan turut serta dipamerkan dalam acara Papua Street Carnival yang digelar dari binaan Badan Intelijen Negara (BIN). Kehadiran TOP.ID dalam acara ini diharapkan dapat memberikan wawasan tentang potensi teknologi yang dimiliki oleh anak-anak muda Papua.

Program Manager Bidang Teknologi PYCH, Elia Musa Rawar menjelaskan, TOP.ID tidak hanya menyediakan perakitan HP dan laptop, tetapi juga menyediakan layanan servis di Papua. Layanan "pick-up service" atau "door-to-door service" memungkinkan masyarakat Papua mendapatkan layanan service HP dan laptop tanpa harus meninggalkan rumah atau kantor mereka. 

Baca Juga

"Masyarakat cukup mengisi formulir yang disediakan dengan alamat dan nomor HP, teknisi TOP.ID akan mendatangi lokasi tersebut untuk mengambil perangkat yang membutuhkan perbaikan. Masyarakat bisa menghubungi nomor HP. 081295650281," ujar dia, seperti dilansir pada Kamis (6/7/2023). 

Ke depannya bakal ada laman khusus TOP.ID, sedangkan kantor layanan servis TOP.ID berada di gedung PYCH, Jayapura, Papua. "Sekarang masyarakat Papua bisa menikmati layanan servis HP maupun laptop ketika mereka tidak ada waktu. Layanannya dan harganya lebih terjangkau," kata Elmus sapaan Elia Musa Rawar. 

"TOP.ID saat ini sedang mengadakan promo khusus dalam rangka peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78, dengan harga spesial untuk jasa servis LCD seharga Rp 175 ribu dan pergantian baterai hanya Rp 125 ribu. Untuk layanan lainnya, TOP.ID menetapkan harga standar yang berkisar antara Rp 100 ribu hingga Rp 500 ribu. Lebih murah dari harga pasaran," ujar dia menambahkan. 

Layanan servis HP dan laptop TOP.ID mencakup berbagai merk, termasuk iPhone, Samsung, Vivo, dan berbagai merek laptop lainnya. Dengan berbagai aplikasi yang telah dikembangkan, teknisi TOP.ID dapat mendeteksi dan memperbaiki kerusakan pada setiap jenis perangkat dengan akurat.

"Kami punya teknisi anak-anak Papua, SMK dan juga teman-teman yang belum dapat pekerjaan kita rekrut untuk bekerja sebagai teknisi maupun di manajemen TOP.ID," ujar Elmus. 

Seorang teknisi servis dari TOP.ID, Julio Frits Lasol, mengungkapkan kepuasannya bekerja di TOP.ID, yang memberikan kesempatan kepada anak-anak muda Papua untuk berkontribusi dalam dunia teknologi dan menjadi bagian dari manajemen perusahaan.

"Harapannya pelanggan tambah banyak, pelanggan mengaku puas (dengan layanan kami). Kita juga senang memperbaiki HP dan lainnya," ucap Julio.

Papua Street Carnival mengangkat tema Papua Extravaganza (The East Great Spirit), akan menampilkan ribuan pelaku ekonomi kreatif, ribuan pengisi acara, ratusan parade busana, ratusan pameran UMKM kreatif, ratusan perahu hias hingga karnaval. Mereka akan menampilkan beragam karya dan warisan budaya Papua yang kaya, indah, dan unik.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) direncanakan akan hadir dalam acara yang digelar di sekitaran Kantor Gubernur Papua pada awal Juli 2023. Acara Papua Street Carnival ini diharapkan akan membuka peluang investasi di bidang ekonomi kreatif, memberikan dampak positif bagi ekonomi lokal, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta menjadi ajang promosi yang efektif untuk sektor pariwisata Papua kepada dunia.

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua menyebutkan bahwa Papua Street Carnival, seperti ajang pariwisata tingkat dunia, bukan saja nasional.

"Oleh karena itu baik satuan kerja perangkat daerah (SKPD) maupun seluruh masyarakat di Papua mendukung penuh pelaksanaan ajang ini dan diharapkan agar berjalan dengan baik," kata Pelaksana Harian Gubernur Papua Ridwan Rumasukun, di Jayapura.

Menurut Rumasukun, pihaknya berpendapat Papua Street Carnival akan berlangsung sangat meriah dari pada Street Carnival Brazil di Rio de Janeiro sebab dilaksanakan dekat dengan laut.

"Untuk mendukung kegiatan ini kami menyiapkan gedung Kantor Gubernur Papua dan halaman untuk digunakan saat festival tersebut berlangsung," ujar dia, demikian dilansir dari Antara

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement