Senin 03 Jul 2023 16:21 WIB

Viral di TikTok, Lagu 'PAN PAN PAN' Ternyata Dibuat Eko Patrio Cs

Lagu 'PAN PAN PAN' yang viral di Tiktok ternyata dibuat Eko Patrio Cs.

Rep: Wahyu Suryana/ Red: Bilal Ramadhan
Pelawak dan politikus PAN Eko Patrio. Lagu 'PAN PAN PAN' yang viral di Tiktok ternyata dibuat Eko Patrio Cs.
Foto: Republika/Prayogi
Pelawak dan politikus PAN Eko Patrio. Lagu 'PAN PAN PAN' yang viral di Tiktok ternyata dibuat Eko Patrio Cs.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- KPU RI memastikan kalau mayoritas pemilih untuk Pemilu 2024 merupakan pemilih muda. Partai Amanat Nasional (PAN) merupakan salah satu partai politik yang sejak awal sudah menargetkan pemilih muda.

Uniknya, salah satu yang belakangan menarik perhatian publik dari PAN merupakan lagu mereka. Tidak sedikit warganet, terutama pengguna muda aplikasi TikTok, yang menyanyikan bagian reff atau chorus lagi tersebut.

Baca Juga

"Itu ciptaan Mas Eko Patrio dan kawan-kawan," kata Sekjen PAN, Eddy Soeparno, kepada Republika, Senin (3/7/2023).

Dalam akun YouTube PAN TV, lagu itu terlihat ada dalam postingan video yang diunggah pada 9 Mei 2023 lalu. Tepatnya, dalam video berjudul Lagu PAN 12 (blue squad version) Terdepan Bantu Rakyat berdurasi 3:24 detik.

Video itu berisi kader-kader dan caleg-caleg PAN untuk Pemilu 2024 nanti. Serta, dokumentasi singkat tentang proses ketika PAN mendaftarkan bacaleg ke KPU RI serta agenda-agenda PAN beberapa waktu terakhir.

PAN TV turut mengunggah video lain versi singkat dari lagu tersebut yang Lagu PAN 12 Terdepan Bantu Rakyat. Berdurasi 0:31 detik, video itu cuma berisi reff atau bagian utama yang sering diulang dari lagu tersebut.

"PAN PAN PAN, hidup semakin mapan, PAN PAN PAN, bareng Zulkifli Hasan. PAN PAN PAN, selalu terdepan, PAN PAN PAN, pasti ada harapan."

Bagian inilah yang ternyata banyak ditonton dan diulangi pengguna media sosial seperti TikTok. Video itu sendiri ditutup Zulkifli Hasan teriak PAN 12 Pas, disambut teriakan Bantu Rakyat oleh kader-kader di belakang.

Eddy menerangkan, PAN memang memiliki beberapa strategi sosialisasi dalam rangka merangkul pemilih muda. Tapi, lagu sebenarnya hanya merupakan salah satu langkah untuk membantu masyarakat mengingat.

"Itu jingle untuk khalayak publik secara umum, bukan cuma untuk pemilih muda karena pemilih muda kan pemilih kritis, tidak bisa kita sampaikan lewat sekadar jingle tanpa ada pesan khusus di dalamnya, harus ada pesan mendalam," ujar Eddy.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement