Jumat 30 Jun 2023 19:37 WIB

Uji Coba Transjakarta Rute Bandara Soekarno-Hatta Mulai Pekan Depan

Dishub DKI uji coba Transjakarta rute Bandara Soekarno hatta mulai pekan depan.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Bilal Ramadhan
Warga berjalan disamping bus Metrotrans saat uji coba integritas Transjakarta dengan Kereta Bandara di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12).
Foto: Republika/Mahmud Muhyidin
Warga berjalan disamping bus Metrotrans saat uji coba integritas Transjakarta dengan Kereta Bandara di Stasiun Sudirman Baru, Jakarta, Kamis (28/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta mengatakan akan melakukan uji coba rute bus Transjakarta dari Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta. Ada lima bus Transjakarta yang disediakan untuk uji coba tersebut.

"Direncanakan tanggal 4 Juli 2023 dari Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta. Kemudian kita akan laksanakan uji coba pukul 07.30 WIB," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin Liputo di Jakarta pada Jumat (30/6/2023).

Baca Juga

Kemudian, ia melanjutkan waktu tempuh dari Terminal Kalideres ke Bandara Soekarno-Hatta diperkirakan maksimal 45 menit untuk sekali perjalanan dan 90 menit untuk pulang-pergi.

"Rencana akan ada dua waktu layanan, pertama pukul 06.00 sampai 09.00 WIB. Kedua pukul 18.00 sampai 21.00 WIB," kata dia.

Ia menambahkan untuk besaran tarif belum ditentukan karena nantinya uji coba akan dilakukan selama satu bulan. "Nanti kan mendapatkan gambaran secara utuh terkait dengan karakteristik perjalanan penumpangnya, kemudian karakteristik operasionalnya. Besaran tarif nanti akan ditentukan," kata dia.

Sebelumnya diketahui, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) tengah mengkaji soal layanan bus Transjakarta ke Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, untuk melayani mobilitas para pekerja di bandara internasional tersebut. Ditargetkan kajian tersebut bisa rampung pada awal Juli 2023.

"Kita targetkan awal Juli 2023, mudah-mudahan sudah ada konsep buat uji coba," kata Direktur Utama PT Transjakarta Welfizon Yuza seusai menghadiri Rapat Komisi B di Gedung DPRD DKI Jakarta, Rabu (7/6/2023).

Welfizon menjelaskan, layanan tersebut diusulkan oleh PT Angkasa Pura (AP) II dengan tujuan agar bisa memudahkan pada pekerja di Bandara Soekarno-Hatta dari dan atau ke bandara tersebut. Usulan itu baru diperoleh pada pekan lalu sehingga langsung diupayakan dengan melakukan kajian.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement