Jumat 30 Jun 2023 18:18 WIB

UPI Gelar Lomba Inovasi Digital Mahasiswa Diikuti 48 Perguruan Tinggi 

Tujuan LIDM ini untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa.

Rep: Arie Lukihardianti/ Red: Agus Yulianto
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Prof Nizam
Foto: Tangkapan layar
Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi (Dirjen Dikti) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbud Ristek) Prof Nizam

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) bekerja sama dengan Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) Republik Indonesia, menjadi tuan rumah penyelenggaraan kegiatan Lomba Inovasi Digital Mahasiswa (LIDM) Tahun 2023.

Kegiatan ini akan digelar pada 4 Juli 2023 sampai dengan 6 Juli 2023 dengan mengambil tema Literasi Digital untuk menumbuhkembangkan Talenta Pendidikan Nasional Menuju Indonesia Maju dengan Tatanan Kehidupan Baru. Kegiatan secara resmi dibuka pada 4 Juli 2023 oleh Prof Ir Nizam, MSc DIC, PhD, IPU, ASEAN.Eng selaku Plt Dirjen Dikti Kemdikbudristek.

Menurut Ketua Pelaksanaan LIDM Dr Phil Yudi Sukmayadi, MPd sekaligus Dekan Fakultas Pendidikan Seni dan Desain (FPSD) UPI, kegiatan LIDM merupakan ajang bagi mahasiswa se-Indonesia untuk menunjukan talentanya dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi menjadi generasi yang unggul, inovatif, kreatif, kompeten, berkarakter, dan berbudaya. 

"LIDM Tahun ini diikuti oleh 1.356 kelompok dari 234 perguruan tinggi di Indonesia dan yang masuk babak final sebanyak 100 kelompok peserta dari 48 perguruan tinggi di Indonesia," ujar Yudi, Jumat (30/6/2023).

Rektor Universitas Pendidikan Indonesia Prof Dr M Solehuddin M.Pd MA mengatakan bahwa LIDM yang diselenggarakan oleh Balai Pengembangan Talenta Indonesia (BPTI) Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riser dan Teknologi (Kemdikbudristek) merupakan momentum yang tepat untuk mendorong semangat mahasiswa PADA era revlusi industry 4.0. 

Sehingga, kata dia, mampu berkompetisi menciptakan inovasi dalam memecahkan berbagai permasalahan yang ada dimasyarakat. Menurutnya lomba ini menuntut wawasan dan pemahaman mahasiswa yang luas dalam bidang teknologi informasi dan komunikasi serta digitalisasi. 

Secara umum, kata dia, tujuan LIDM ini untuk meningkatkan literasi digital mahasiswa serta untuk mengembangkan inovasi dalam pendidikan dan pembelajaran melalui penerapan teknologi digital. Secara khusus tujuan LIDM ditujukan bagi mahasiswa dalam rangka meningkatkan literasi digital mahasiswa untuk mendukung peningkatan pendidikan di perguruan tinggi, menumbuhkembangkan krativitas dan inovasi mahasiswa dalam bidang pendidikan melalui penerapan teknologi digital. 

Selain itu, meningkatkan kesadarann dan kepedulian mahasiswa untuk berkontribusi dalam pencapaian pembangunan berkelanjutan melalui penerapan teknologi digital dan menumbuhkembangkan talenta pendidik melalui ajang kompetisi talenta dibidang inovasi pendidikan. 

Pelaksanaan LIDM 2023 dipusatkan di Gedung Achmad Sanusi serta Gedung Fakultas Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (FPTK) Universitas Pendidikan Indonesia. Pelaksanaan lomba LIDM disebar dibeberapa ruangan yaitu di lobi Gedung FPTK Lantai 1, Smart Class Lantai 3 dan 5, Microteaching A dan B lantai 6.  

LIDM ini sejalan dengan kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) dalam mendorong Pendidikan dan pembelajaran di semua jenjang pendidikan untuk lebih memberikan perhatian pada pemercepatan pencapaian kompetensi abad 21 generasi muda bangsa untuk siap bersaing di era revolusi indusri 4.0. Serta, turut berkontribusi dalam meraih hasil gemilang tujuan-tujuan pembangunan bekelanjutan (Sustainability Development Goals, SDG’s). 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement