Rabu 21 Jun 2023 11:34 WIB

Tanaman Hama Eceng Gondok Jadi Berkah Buat Komunitas Perempuan di Makassar

Dengan mengolah eceng gondok, perempuan di Makassar mendapatkan tambahan penghasilan.

Kondisi Sungai Jratun yang dipenuhi tumbuhan Eceng gondok (Eichhornia crassipes) di Desa Payaman, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (1/3/2023). Tumbuhan gulma yang hidup mengapung di atas air itu menyebabkan pendangkalan sungai serta mengganggu aliran sungai dan menjadi salah satu penyebab sering terjadinya banjir di kawasan itu.
Foto:

menarik perhatian perempuan kelahiran 1978 ini untuk menciptakan peluang kerja guna ekonomi masyarakat sekitarnya jauh lebih baik.

"Dari sana saya berpikir, lebih baik mengajar tetangga menganyam. Selain mudah dikontrol, saya mau kaumperempuan tidak bergantung dengan suami dan bisa memiliki penghasilan sendiri," ujarnya.

Pembuatan produk kerajinan yang bisa dibuat dari rumah itu, cukup menarik perhatian para perempuan yang didominasi oleh ibu rumah tangga, apalagi mereka tidak harus meninggalkan tugas utama di rumah.

Salah satunya ialah Hafsah, orang tua tunggal yang tidak pernah terbersit di benaknya bakal menjadi perajin. Diakui bahwa secercah harapan mulai menyelimuti masa depannya sejak mengenal kerajinan eceng gondok.

Menggeluti kerajinan eceng gondok telah berhasil membantu perekonomian keluarga, khususnya dalam menopang biaya pendidikan keempat anaknya. Dari hasil anyamannya, Hafsah bisa mengantongi sekitar Rp2 juta per bulan.

Hafsah bersyukur dengan hadirnya sosok Elsa sebagai tetangga yang peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Tidak ada kata bosan menganyam dan terus memotivasi untuk bangkit.

Tantangan

Lihat halaman berikutnya >>>

 

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement