Rabu 21 Jun 2023 11:34 WIB

Tanaman Hama Eceng Gondok Jadi Berkah Buat Komunitas Perempuan di Makassar

Dengan mengolah eceng gondok, perempuan di Makassar mendapatkan tambahan penghasilan.

Kondisi Sungai Jratun yang dipenuhi tumbuhan Eceng gondok (Eichhornia crassipes) di Desa Payaman, Mejobo, Kudus, Jawa Tengah, Rabu (1/3/2023). Tumbuhan gulma yang hidup mengapung di atas air itu menyebabkan pendangkalan sungai serta mengganggu aliran sungai dan menjadi salah satu penyebab sering terjadinya banjir di kawasan itu.
Foto:

ia sendiri mengambil bahan utama dari rawa-rawa yang kemudian dijemur dan dianyam sendiri.

Sebagai perajin, ilmu yang ia miliki tidak lantas ingin dinikmati sendiri. Tanpa mengenal lelah, Elsa sempat berkeliling ke beberapa pertemuan untuk mengajarkan cara menganyam dari bahan eceng gondok selama dua tahun. Hasilnya? Ternyata tidak langsung sesuai harapan.

Hingga kesempatan meraup peluang bisnis itu datang, kerja kerasnya menggaungkan eceng gondok sebagai tanaman yang bisa menghasilkan uang, kini mulai tampak pada 2019, setelah usaha itu digandeng sejumlah hotel di Makassar.

Memiliki kesempatan, peluang, potensi, dan dukungan merupakan paket komplit yang dibutuhkan siapa saja dalam mengukir masa depan lebih cerah, khususnya bagi para perempuan. Inilah yang mulai dihadirkan Elsa bagi perempuan di sekitarnya.

Visi mulia Elsa mulai terimplementasidengan merangkul tetangganya dan menciptakan lapangan kerja bagi perempuan sekitarnya.

Apalagi lingkungan tempat tinggalnya, waktu itu masih jauh dari kehidupan sejahtera. Masyarakat sekitarnya berada di level ekonomi menengah ke bawah dengan beragam profesi pekerjaan kasar, seperti buruh bangunan, tukang ojek, tukang becak, hingga tidak sedikit yang tidak bekerja atau hanya pengangguran.

Realitas sosial tersebut sangat...Lihat halaman berikutnya >>>

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement