Rabu 07 Jun 2023 06:05 WIB

Itenas Masuk Daftar THE Impact Rangking 2023

32 perguruan tinggi negeri dan swasta masuk ke daftar THE Impact Rankingking 2023.

Rep: M Fauzi Ridwan/ Red: Agus Yulianto
Itenas Bandung
Foto: itenas.ac.id
Itenas Bandung

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Kampus swasta Institut Teknologi Nasional (Itenas) Bandung berhasil masuk ke dalam daftar rangking Times Higher Education (THE) Impact Rankings 2023. Kampus dianggap berkontribusi mendukung program yang diinisiasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) tentang pembangunan berkelanjutan.

Rektor Itenas Meilinda Nurbanasari mengatakan, pada tahun tahun 2023 terdapat 1.591 universitas dari 112 negara berhasil masuk ke dalam THE Impact Rankings. Di Indonesia, 32 perguruan tinggi negeri dan swasta masuk ke dalam daftar THE Impact Rankings.

"Itenas termasuk salah satu dari 13 PTS di dalamnya," ucap dia melalui keterangan resmi yang diterima, Rabu (7/6/2023).

Merujuk pada 17 sasaran program pembangunan berkelanjutan, kampus mencapai skor yang tinggi pada tujuan program keempat yaitu kualitas pendidikan, tujuan kelima kesetaraan gender, ketujuh energi bersih dan terjangkau. Serta tujuan ke 17 yaitu kemitraan.

Dia mengatakan, THE Impact Rankings mengevaluasi kinerja perguruan tinggi dengan indikator penelitian, tata layanan, jangkauan, dan pengajaran dalam mendukung program berkelanjutan. Dengan itu, kampus telah melaksanakan kegiatan tridarma perguruan tinggi yang sesuai dengan program yang mendukung program tersebut.

Rektor mengatakan, beberapa kegiatan yang mendukung yaitu kegiatan pengajaran memberikan nilai positif bagi mahasiswa, kegiatan penelitian dan publikasi memberikan dampak bagi kemajuan bangsa. Kegiatan pengabdian langsung ke lapangan yang dampaknya dirasakan masyarakat.

"Kampus masuk ke dalam peringkat internasional memang sudah menjadi tujuan sejalan dengan tridarma perguruan tinggi," ucap dia.

Dia mengatakan kampus bertujuan meningkatkan kualitas proses belajar sehingga lulusan berkualitas dan diterima dengan baik di masyarakat dan dunia kerja.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement