Rabu 27 Dec 2023 20:27 WIB

Binus Raih Empat Penghargaan di Anugerah Diktiristek 2023

Salah satu penghargaan yang diraih Gold Winner Anugerah Kerja Sama pada Kategori PTS

Rep: Ronggo Astungkoro/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Binus University berhasil meraih empat penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2023.
Foto: dok istimewa
Binus University berhasil meraih empat penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Binus University berhasil meraih empat penghargaan dalam Anugerah Diktiristek 2023. Semua penghargaan yang diraih itu meliputi tiga sub anugerah penghargaan. Rektor Binus University Nelly menyebut capaian itu dipersembahkan untuk seluruh civitas akademika yang telah berkolaborasi dengan baik.

"Kita ingin mahasiswa mendapatkan pengalaman belajar terbaik. Ini tidak lepas dari kolaborasi yang saya yakini sangat berperan dalam memberikan nilai tambah bagi pengalaman belajar mahasiswa," kata Nelly dalam siaran pers, Rabu (27/12/2023).

Penghargaan-penghargaan itu di antaranya terdiri dari Gold Winner Anugerah Kerja Sama pada Kategori PTS Subkategori Kerja Sama Internasional Terbaik dan Gold Winner Anugerah Kerja Sama Kategori PTS Subkategori Kerja Sama dengan Pemerintah dan NGO Terbaik.

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengungkapkan, transformasi pendidikan tinggi dalam empat tahun ini telah berlangsung dengan akseleratif. Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, kedekatan hubungan kampus dan dunia usaha dunia industri dilihat sudah semakin erat.

"Selain itu kerja sama baik pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat telah menetaskan banyak hasil yang dirasakan oleh masyarakat dan dunia usaha dunia industri,” ujar Plt Dirjen Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi Kemendikbudristek Nizam.

Berkat hasil kerja keras itu, lanjut Nizam, menurut Global Innovation Index 2023, indikator untuk kolaborasi antara kampus dan industri dalam riset dan pengembangan mengalami kenaikan menjadi peringkat kelima di dunia. Selain itu, berdasarkan laporan INSEAD, selama lima tahun terakhir Indonesia mengalami peningkatan daya saing talenta tertinggi di Asia dan kedua di dunia.

Hal itu dia sampaikan pada malam Anugerah Diktiristek 2023, sebanyak hampir 500 penghargaan diberikan kepada perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta, Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDikti), mitra perguruan tinggi dari dunia usaha dan dunia industri, kementerian/lembaga, serta para jurnalis dan media.

Terdapat 10 subpenghargaan yang diberikan yang meliputi Anugerah Prioritas Nasional; Anugerah Mitra Kerja Sama Pendukung Program Diktiristek; Anugerah Pembelajaran dan Kemahasiswaan; Anugerah Sumber Daya; Anugerah Kelembagaan, Anugerah Riset, dan Pengabdian kepada Masyarakat; Anugerah Pangkalan Data Pendidikan Tinggi; Anugerah Humas; Anugerah Kerja Sama; serta Anugerah Jurnalis dan Media.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement