Jumat 02 Jun 2023 18:12 WIB

Anies Sudah Kantongi Satu Nama Cawapres, Siapa Dia?

Tim 8 sudah memutuskan cawapres untuk Anies dan Anies menerimanya.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Bakal Calon Presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. Tim 8 sudah memutuskan cawapres untuk Anies.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Bakal Calon Presiden (capres) dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP) Anies Baswedan. Tim 8 sudah memutuskan cawapres untuk Anies.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ketua DPP Partai Nasdem sekaligus anggota Tim 8 Koalisi Perubahan untuk Persatuan (KPP), Willy Aditya menyebut capres mereka, Anies Baswedan sudah mengantongi satu nama cawapres. Sosok cawapres yang masih dirahasiakan namanya itu merupakan hasil pertimbangan Tim 8. 

"Cawapres itu sudah kita putuskan di Tim 8. Jadi benar sudah ada satu nama," kata Willy kepada wartawan di Nasdem Tower, Jakarta Pusat, Jumat (2/6/2023). 

Baca Juga

Willy menjelaskan, Tim 8 alias tim kecil yang terdiri atas perwakilan Nasdem, PKS, Demokrat, dan pihak Anies menentukan satu nama cawapres itu setelah melalui proses pertimbangan kuantitatif dan kualitatif selama sekian bulan. Berawal dari lebih dari lima nama kandidat cawapres, lalu dikerucutkan menjadi tiga nama, hingga akhirnya diputuskan satu nama. 

Dia enggan memastikan apakah satu nama cawapres pilihan Tim 8 itu berasal dari internal koalisi atau bukan. Dia juga enggan memastikan apakah sosok itu laki-laki atau perempuan. Dia hanya mengatakan, cawapres pilihan Tim 8 itu adalah sosok yang sesuai dengan aspirasi rakyat. 

Dia mengatakan, satu nama cawapres itu sudah diserahkan kepada Anies. "Ya nanti kita intip kantong Mas Anies saja (siapa sosoknya). Kami bersepakat biar Mas Anies yang menyampaikan," ujar Willy. 

Menurutnya, Anies merasa cocok dengan sosok cawapres pilihan Tim 8 itu. "Kalau dia tidak cocok, ya dia suruh pulangin lagi ke tim," kata Willy. 

Nyatanya, lanjut Willy, Anies menyampaikan satu nama cawapres itu kepada pimpinan partai koalisi. Tujuannya untuk berkonsultasi sekaligus menentukan waktu yang tepat untuk mengumumkan nama cawapres itu. 

Anies, kata Willy, telah menyampaikan satu nama cawapres itu kepada Ketua Majelis Tinggi Partai Demokrat, Soesilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) di Pacitan, Jawa Timur, Kamis (1/6/2023). Anies hari ini (2/6/2023) menyampaikan satu nama itu kepada Ketua Umum Nasdem Surya Paloh di Nasdem Tower. Selanjutnya, Anies akan menyampaikan nama itu kepada pimpinan PKS.

Menurut Willy, Anies menyampaikan satu nama itu kepada pimpinan partai koalisi bukan untuk meminta persetujuan. Sebab, partai koalisi sudah sejak jauh-jauh hari bersepakat menyerahkan kepada Anies menentukan sosok cawapres. 

Willy menambahkan, Tim 8 telah menetapkan tenggat waktu pengumuman nama cawapres Anies, yakni 16 Juli 2023. Pengumumannya bisa saja lebih cepat dari tanggal itu tergantung hasil konsultasi Anies dengan tiga pimpinan partai koalisi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement