Kamis 01 Jun 2023 13:27 WIB

Long Weekend, 99 Ribu Penumpang Berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen

Sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei sampai 4 Juni 2023.

Rep: Ali Mansur/ Red: Erik Purnama Putra
Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, Eva Chairunisa.
Foto: PT KAI
Kepala Humas PT KAI Daerah Operasional 1 Jakarta, Eva Chairunisa.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Libur nasional pada 1 Juni 2023 yang diikuti dengan cuti bersama pada momen akhir pekan membuat volume penumpang kereta api jarak jauh (KAJJ) dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen, Jakarta Pusat mengalami lonjakan. Sekitar 99 ribu tiket dipesan untuk periode keberangkatan 31 Mei sampai 4 Juni 2023.

"Jumlah volume pengguna jasa paling tinggi terjadi pada hari ini Kamis 1 Juni 2023, total terdapat sekitar 32 ribu pengguna berangkat dari Stasiun Gambir dan Pasar Senen. Dari jumlah tersebut 18 ribu penumpang berangkat dari Stasiun Pasar Senen dan 14 ribu penumpang dari Stasiun Gambir," ujar Kahumas KAI Daop 1 Jakarta, Eva Chairunisa di Jakarta, Kamis (1/6/2023).

Menurut Eva, jumlah penumpang berangkat pada moment libur panjang akhir pekan ini meningkat lebih dua kali lipat jika dibandingkan rata-rata penumpang pada hari biasa. Dia pun mengimbau calon penumpang agar memperhatikan kembali jadwal keberangkatannya, mengingat mulai 1 Juni 2023.

Hal itu mengingat Grafik Perjalanan Kereta Api (Gapeka) baru akan diberlakukan di seluruh Indonesia, termasuk untuk operasional KA di wilayah kerja KAI Daop 1 Jakarta.  "Terdapat beberapa perubahan dari Gapeka sebelumnya, diantaranya waktu tempuh yang semakin singkat, penambahan jumlah perjalanan KA dan layanan naik," kata Eva.

Dia menjelaskan, penumpang untuk sejumlah kereta yang sudah bisa dilakukan melalui Stasiun Jatinegara sebagai stasiun alternatif keberangkatan untuk warga Jakarta selain Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen. Untuk itu, KAI Daop 1 Jakarta mengimbau kepada seluruh pelanggan yang sudah membeli tiket agar memeriksa kembali jadwal keberangkatannya.

Hal itu demi menghindari tertinggal ataupun salah naik kereta. "Sebagai contoh KA Gumarang relasi Pasarsenen-Surabaya Pasar Turi yang semula berangkat dari Stasiun Pasar Senen pukul 15.50 WIB, mulai 1 Juni 2023, berangkat pada pukul 20.45 WIB," ungkap Eva.

Selain itu, Eva mengingatkan para pelanggan yang tiba di stasiun keberangkatan agar selalu memperhatikan pengumuman yang disampaikan oleh petugas. Seluruh calon pengguna KAJJ juga dihimbau agar mengatur waktu keberangkatannya menuju stasiun sehingga diharapkan sudah tiba sejam sebelum jadwal keberangkatan kereta.

"Di Gapeka 2023 akan terdapat 4 penambahan perjalanan KAJJ baru untuk di wilayah Daop 1 Jakarta, sehingga total perjalanan menjadi 144 KA," terang Eva.

Berikut daftar empat KAJJ baru yang mulai beroperasi 1 Juni 2023:

1. KA Argo Semeru relasi Gambir-Surabaya Gubeng keberangkatan pukul 06.20 WIB

2. KA Manahan relasi Gambir-Solo Balapan keberangkatan pukul 10.30 WIB dan 22.50 WIB

3. KA Pandalungan relasi Gambir-Surabaya Pasar Turi-Jember berangkat pukul 20.05 WIB.

4. KA Argo Merbabu relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng, keberangkatan pukul 14.20 WIB

Daftar 4 KAJJ yang berhenti di Stasiun Jatinegara mulai 1 Juni 2023:

1. KA 38F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 06.46 WIB

2. KA 10 Argo Dwipangga relasi Gambir-Solo, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 09.06 WIB

3. KA 12 Argo Sindoro relasi Gambir-Semarang Tawang Bank Jateng, berangkat Jatinegara pukul 16.56 WIB

4. KA 36F Argo Parahyangan relasi Gambir-Bandung, berangkat Stasiun Jatinegara pukul 18.46 WIB.

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement