Rabu 31 May 2023 13:07 WIB

Republika Raih Juara Satu Ajang Kasau Awards 2023

Jurnalis Republika, Erik Purnama Putra meraih juara pertama karya tulis Kasau Awards.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Gita Amanda
Jurnalis Republika, Erik Purnama Putra (kiri) meraih juara pertama karya tulis kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online dalam ajang Kasau Awards 2023 di Gedung Ardhya Loka Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023).
Foto: Flori Sidebang/ Republika
Jurnalis Republika, Erik Purnama Putra (kiri) meraih juara pertama karya tulis kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online dalam ajang Kasau Awards 2023 di Gedung Ardhya Loka Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Republika berhasil memenangkan kompetisi jurnalistik yang diselenggarakan oleh TNI Angkatan Udara (AU). Jurnalis Republika, Erik Purnama Putra, meraih juara pertama karya tulis kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online dalam ajang Kasau Awards 2023.

Erik menang berkat karya tulisnya yang berjudul "Super Hercules dan Modernisasi Alutsista TNI AU Besar-besaran". Karya tulisnya lolos seleksi dari total 380 karya.

Erik yang ditemui usai penerimaan hadiah mengaku tertarik menulis soal Super Hercules. Sebab, pesawat ini merupakan alutsista canggih yang akan memperkuat TNI AU dan menjadi matra udara pertama di Asia Tenggara yang memilikinya.

"Tertarik menulis soal ini ya karena memang ini kan alutsista terbaru yang terkesan wah bagi TNI AU. Apalagi belinya enam ya, cuma kemarin memang baru datang satu. Saya ngikutin tuh videonya di Dispenau," kata Erik di Gedung Ardhya Loka Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Rabu (31/5/2023).

 

Erik mengatakan, ini merupakan kemenangannya yang kedua setelah pernah menyabet juara dua pada ajang yang sama, yakni Kasau Awards 2017. Dia pun bersyukur dengan pencapaiannya saat ini.

"Dan terima kasih untuk TNI AU. Bravo bagi mereka. Karena mengadakan kompetensi jurnalistik ini secara rutin. Semoga sukses bagi TNI AU," ujar dia.

Adapun juara kedua dalam kategori Artikel Isu Strategis Media Cetak/Online dimenangkan oleh Nirmala Maulana Ahmad dari Kompas.com. Sementara itu, juara ketiga diraih oleh Mirza dari Tanggerangonline.com.

Selain karya tulis, ajang ini juga melombakan kategori artikel Isu Humanis dan kategori News TV. Kemudian, kategori Feature Media Televisi, Foto Jurnalistik, Foto Umum, serta kategori Video Masyarakat Umum.

Perlombaan ini adalah bagian dari rangkaian kegiatan dalam rangka HUT ke-77 TNI AU. Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal Fadjar Prasetyo mengatakan, setiap karya yang dihasilkan, baik berupa tulisan, maupun dalam bentuk foto dan video, yang membahas mulai dari isu strategi hingga isu humanis, seluruhnya adalah kontribusi yang sangat berharga dalam membangun citra positif TNI Angkatan Udara.

Fadjar berharap seluruh karya jurnalistik ini dapat mendorong TNI AU untuk tumbuh semakin profesional dan semakin dicintai rakyat Indonesia. "Ini tentunya merupakan bentuk kasih sayang masyarakat kepada TNI AU," ujar Fadjar.

"Harapannya ke depan selalu masyarakat dapat berpartisipasi membantu TNI AU melalui karya-karya jurnalis. Tentunya hasilnya ini juga menjadi masukan untuk kami untuk pembangunan kekuatan TNI AU ke depan," ucap Fadjar menambahkan.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement