Senin 29 May 2023 06:23 WIB

Pengacara Ungkap Habib Bahar Sudah Pulih Usai Peristiwa Penembakan

Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Agus raharjo
Habib Bahar Bin Smith mencium bendera merah putih saat menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/8/2022).
Foto: ANTARA/Raisan Al Farisi
Habib Bahar Bin Smith mencium bendera merah putih saat menjalani sidang lanjutan dengan agenda pembacaan putusan di Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, Selasa (16/8/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, BOGOR–Pengacara Habib Bahar, Ichwan Tuankotta mengaku kondisi Habib telah berangsur membaik usai mengaku ditembak pada 12 Mei lalu. Kliennya disebut telah mulai beraktivitas, meski belum bisa mengikuti beragam kegiatan seperti sebelumnya.

"Sudah pulih beliau, sudah seperti biasa lagi. Cuma memang masih belum ceramah kalau ya lihat," tutur Ichwan Tuankotta kepada Republika.co.id, Ahad (28/5/2023).

Baca Juga

Menurut dia, Habib Bahar belum mulai melakukan aktivitas dakwah seperti biasa. "Beliau masih jalan-jalan aja, belum mengisi tausiyah. Belum aktivitas dakwah seperti biasa," kata dia.

Adapun terkait perkembangan penanganan kasus penembakan Habib Bahar, Ichwan menyebut telah menyerahkan semua prosesnya kepada kepolisian. Dia hanya mendapat laporan bahwa ada belasan orang yang belasan saksi yang telah diminai keterangan oleh polisi.

"Kalau saya lihat dari progres yang mereka sudah lakukan terakhir itu, kita dapat informasi ada 18 orang saksi yang diperiksa dan itu 16 orangnya dari pihak pondok pesantren. Dan memang kita mendampingi juga, artinya sudah on progres, sesuai progres," tuturnya.

Dia menilai selama ini kasus penembakan Habib telah ditangani oleh kepolisian dan progresnya selalu diinformasikan. Pihaknya akan menghormati proses yang telah berjalan dan berharap polisi menanganinya dengan profesional.

Habib Bahar bin Smith dilaporkan terkena tembakan pada Jumat (12/5/2023) malam WIB. Namun, hingga kini, belum diketahui siapa penembaknya.

“Jumat malam langsung ke sana, beliau cerita semuanya, penembakan sekitar jam delapan, sembilan malam,” kata pengacara Habib Bahar, Aziz Yanuar, dalam video rekaman yang viral dan sudah dikonfirmasi Republika.co.id, Senin (15/5/2023).

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement