Selasa 23 May 2023 01:19 WIB

Asyik, Ada 200 Beasiswa dari Kemendikbudristek untuk Lulusan SMA

Program beasiswa ini khusus untuk putra daerah Biak Papua.

Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023 memberikan program beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) sebanyak 200 lulusan SMA sederajat putra daerah Biak, Papua.(ilustrasi)
Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023 memberikan program beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) sebanyak 200 lulusan SMA sederajat putra daerah Biak, Papua.(ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, BIAK---Pemerintah pusat melalui Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) pada tahun 2023 memberikan program beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi (ADik) sebanyak 200 lulusan SMA sederajat putra daerah Biak, Papua.

"Penerimaan beasiswa Affirmasi Pendidikan Tinggi 2023 sedang tahap buka pendaftaran," Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Biak Numfor Kamaruddindi Biak, Senin.

Baca Juga

Ia mengatakan pemberian beasiswa ADik dari Kemendikbudristek kepada putra putri asli Biak merupakan wujud nyata perhatian pemerintah pusat terhadap peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) orang asli Papua.

Kamaruddin mengatakan mereka yang dinyatakan lulus seleksi penerimaan beasiswa ADikakan berkesempatan melanjutkan kuliah di 50 Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di seluruh Indonesia.

"Beasiswa ADik dari pemerintah pusat sebagai bukti nyata perhatian pemerintah untuk putra putri asli Biak supaya bisa kuliah di berbagai universitas negeri seluruh Tanah Air dengan biaya pendidikan disediakan pemerintah," katanya.

Berdasarkan UU Nomor 12/2012 tentang Pendidikan Tinggi, lanjut dia, Pemerintah Indonesia berkewajiban meningkatkan akses dan kesempatan belajar di perguruan tinggi serta menyiapkan insan Indonesia, khususnya di Tanah Papua, menjadi generasi emas yang cerdas dan kompetitif.

Beasiswa ADik, menurut Kamaruddin, salah satu intervensi kebijakan pendidikan yang bersifat afirmasi dalam bentuk bantuan pemerintah untuk memberikan kesempatan belajar kepada mahasiswa.

"Karena kondisi dan keberadaanya sehingga mengalami kesulitan dan keterjangkauan jenjang akses pendidikan tinggi sehingga pemerintah berkewajiban menyediakan beasiswa ADik," kataKamaruddin.

Selain beasiswa ADik, Kemendikbudristek pada tahun 2023 ini juga telah menyediakan kuota sebanyak 10 orang beasiswa Affirmasi Pendidikan Menengah (ADem) bagi anak Biak Numfor yang ingin melanjutkan ke jenjang SMA.

Jajaran Disdikbud Biak Numfor, menurut Kamaruddin, terus berupaya meningkatkan mutu pendidikan di setiap satuan pendidikan serta pemenuhan kebutuhan tenaga guru dan beasiswa pendidikan untuk siswa putra putri asli Biak. "Disdikbud berkomitmen terus-menerus meningkatkan kualitas layanan satuan pendidikan di Kabupaten Biak Numfor," kata Kamaruddin.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement