Sabtu 20 May 2023 16:07 WIB

Ribuan Warga Hadiri Hari Terakhir Lebaran Depok 2023 di Sawangan

Puncak Lebaran Depok di Gardens at Candi Sawangan didatangi 50 ribu pengunjung.

Rep: Alkhaledi Kurnialam/ Red: Erik Purnama Putra
Ribuan orang menghadiri acara Lebaran Depok 2023 di Gardens at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/05/2023).
Foto: Republika/Alkhaledi Kurnialam
Ribuan orang menghadiri acara Lebaran Depok 2023 di Gardens at Candi Sawangan, Kecamatan Bojongsari, Kota Depok, Jawa Barat, Sabtu (20/05/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, DEPOK -- Ribuan masyarakat memadati Gardens at Candi Sawangan, Bojongsari, Kota Depok yang merupakan tempat berlangsungnya acara puncak Lebaran Depok 2023, Sabtu (20/5/23). Berbagai atraksi kebudayaan hingga ratusan stan UMKM meramaikan acara tahunan ini.

Pantauan Republika.co.id di lokasi, masyarakat telah memadati tempat acara sejak pagi. Banyak juga warga yang datang bersama anggota keluarganya dengan membawa makanan untuk mengikuti tradisi rantangan atau madang bareng.

Ketua Umum Kumpulan Orang-Orang Depok (KOOD) Ahmad Dahlan memperkirakan, ada 50 ribu lebih masyarakat yang hadir di acara tersebut. Dia menjelaskan, Lebaran Depok adalah event untuk membahagiakan warga Depok.

"Diperkirakan ada 50 ribu (pengunjung). Ini adalah hajatan kita. Kita menggembirakan, bikin seneng orang Depok tiap tahun. Terima kasih kepada pemkot," jelas Ahmad dalam sambutannya di lokasi, Sabtu.

Menurut dia, Lebaran Depok merupakan wadah bagi warga untuk berkumpul. Acara tersebut  bertujuan untuk merawat tradisi yang ada di Kota Depok. "Ini tempatnya orang Depok ngumpul ini. Luar biasa di Lebaran Depok ini merawat tradisi, merawat silaturahim, menyatukan dari berbagai macam suku, cuman satu dengan budaya kita bisa bersatu."

Lebaran Depok merupakan acara yang masuk dalam kalender kegiatan Pemkot Depok setiap tahun. Tahun ini, Lebaran Depok mengangkat tema Beragam Suku Berpadu untuk Depok Lebih Maju. Selain menjaga tradisi, acara ini diharapkan dapat mengangkat perekonomian warga terutama UMKM.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement