Selasa 16 May 2023 20:31 WIB

Gandeng MDU, UNM Ajak Siswa SMK Praktek Langsung Podcast di CreaBesT Season 3

Podcast yang baik merupakan podcast yang memiliki persiapan yang matang.

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri menggandeng Mandiri Digital Universe(MDU) atau NextOne kembali menggelar Creabest Season 3.
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri menggandeng Mandiri Digital Universe(MDU) atau NextOne kembali menggelar Creabest Season 3.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah sukses pada season 2, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri menggandeng Mandiri Digital Universe(MDU) atau NextOne kembali menggelar Creabest Season 3. CreaBesT (Creative Business and Talent), bersama UNM kampus Kramat menggelar kegiatan ini selama tiga hari berturut-turut, pada Senin hingga Rabu, 15-17 Mei 2023.

Bertemakan 'How to be a Successful Content Creator', CreaBesT dilaksanakan di aula UNM kampus Jatiwaringin, Jalan Raya Jatiwaringin No 2 Cipinang, Melayu, Makasar, Jakarta Timur. Dari enam sekolah yang diundang, SMK Kampung Jawa dan SMK PSKD 1 Jakarta berkesempatan hadir di hari pertama CreaBesT season 3, Senin (15/5/2023).

Baca Juga

Di samping itu, CreaBesT kali ini dikemas dengan kegiatan open house dari startup partner, seminar, dan exhibition dengan mengundang Muhammad Abdul Ghani selaku Direktur UNM TV dan Robi Aziz Zuama selaku content crator sebagai narasumber.

Pada sesi Exhibition, Robi Aziz Zuma, memberikan materi mengenai beberapa persiapan sebelum memulai pembuatan sebuah podcast. Ia mengungkapkan podcast yang baik merupakan podcast yang memiliki persiapan yang matang.

"Ada beberapa hal yang harus kita siapkan sebelum pembuatan podcast, terutama Audio serta Video. Di samping itu kita juga harus memiliki tool untuk me-mixing kedua komponen tersebut, salah satunya kita bisa memanfaatkan aplikasi vmix," ungkapnya saat pemaparan materi di sesi exhibition CreaBesT Season 3, Senin (15/5/2023).

Selain pemanfaatan vmix, ia juga menambahkan penjelasan mengenai pemanfaatan greenscreen dalam sebuah podcast.

"Selain itu, kita juga bisa menggunakan greenscreen sebagai background sebuah podcast. Hal ini sangat bermanfaat dalam menghemat budget untuk pemilihan latar belakang yang sangat variatif," ujarnya.

Selain itu, Robi juga mengajak siswa untuk praktek langsung dalam pembuatan sebuah podcast. Ia mengajak lima siswa perwakilan dari kedua sekolah untuk berperan menjadi cameraman, mutimedia, floor director (FD), serta podcaster yang terdiri dari host dan narasumber.

"Untuk menciptakan sebuah podcast yang menarik, kelima peran ini harus bisa berperan dalam setiap jobdesknya dengan baik. Terutama seorang cameraman serta multimedia dalam mengatur audio dan visual yang nantinya akan ditampilkan dalam sebuah podcast," ujarnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement