Selasa 16 May 2023 19:33 WIB

Lewat CreaBesT Season 3 Bersama MDU, UNM Bagikan Tip Mudah Buat Podcast kepada Siswa SMK

CreaBesT Season 3 berlangsung pada 15-17 Mei 2023 dengan mengundang enam sekolah.

Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali sukses menyelenggarakan kegiatan workshop dan kunjungan industri bertajuk Creative Bussiness and Talent (CreaBest).
Foto: Universitas Nusa Mandiri
Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali sukses menyelenggarakan kegiatan workshop dan kunjungan industri bertajuk Creative Bussiness and Talent (CreaBest).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Gandeng startup Mandiri Digital Universe (MDU) atau NextOne, Kampus Digital Bisnis Universitas Nusa Mandiri (UNM) kembali sukses menyelenggarakan kegiatan workshop dan kunjungan industri bertajuk Creative Bussiness and Talent (CreaBest). CreaBesT Season 3 berlangsung pada 15-17 Mei 2023 dengan mengundang enam sekolah.

Berlokasi di Aula UNM kampus Jatiwaringin, Jalan Raya Jatiwaringin No 2 Cipinang, Melayu, Makasar, Jakarta Timur, CreaBesT Season 3 ini mengangkat tema 'How to be a Successful Content Creator'. Di hari pertamanya, pada Senin (15/5/2023) lalu, CreaBesT mengundang SMK Kampung Jawa dan SMK PSKD 1 Jakarta, serta narasumber Muhammad Abdul Ghani selaku Direktur UNM TV dan Robi Aziz Zuama selaku content crator.

Baca Juga

Selain itu, rangkaian kegiatan CreaBesT ini terdapat open house dari startup media partner seperti MDU, Mtryout dan MileniaNews. Setelah itu, dilanjutkan dengan sesi seminar serta Exhibition yang merupakan praktek langsung di Studio Podcast MDU.

Muhammad Abdul Ghani di sesi seminarnya menyampaikan materi mengenai step by step membuat podcast dengan mudah. Ia menyampaikan mengenai apa saja yang harus dipersiapkan dengan mudah sebelum membuat sebuah podcast.

"Umumnya sebelum membuat podcast kita harus mempersiapkan tujuh hingga delapan komponen. Namun seiring berjalannya waktu serta teknologi yang semakin canggih, sebuah podcast bisa dibuat hanya dengan empat komponen, yakni headphone/headshet, laptop, smartphone, dan clip on," tuturnya saat pemaparan materi di sesi seminar CreaBesT Season 3, Senin.

Di samping itu, ia juga menyampaikan beberapa job desk yang bertugas dalam pembuatan sebuah podcast. Di antaranya, host/pembawa acara, produser, teknis audio, penulis naskah, editor, desain grafis, social media manajer, dan marketing.

"Umumnya terdapat delapan job desk dalam pembuatan podcast, namun tentu tidak harus ada delapan orang. Kalaupun kurang, berarti ada beberapa orang yang memiliki lebih dari satu job desk," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement