Selasa 16 May 2023 06:30 WIB

Kronologi Ditembak Seusai Dibuntuti Mobil Hitam Vs Tudingan Drama Habib Bahar

Ichwan mengatakan, peristiwa penembakan terjadi pukul 20.32 WIB, Jumat (12/5/2023).

Bahar bin Smith. Habib Bahar dikabarkan ditembak orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023). (ilustrasi)
Foto: REPUBLIKA/ABDAN SYAKURA
Bahar bin Smith. Habib Bahar dikabarkan ditembak orang tak dikenal pada Jumat (12/5/2023). (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, oleh Shabrina Zakaria, Andrian Saputra, Fergi Nadira, Antara

Kuasa hukum ulama Bahar Smith, Ichwan Tuankotta menyebutkan bahwa kliennya ditembak oleh orang tak dikenal yang sempat membuntuti, dengan mengendarai mobil berwarna hitam pada Jumat (12/5/2023) lalu. Saat ini, menurut Ichwan, Bahar dalam kondisi sehat.

Baca Juga

"Iya ada mobil kijang warna hitam doff (membuntuti)," kata Ichwan saat dihubungi di Bogor, Senin (15/5/2023).

Ichwan mengatakan, peristiwa penembakan itu terjadi pukul 20.32 WIB, Jumat (12/5/2023) di jalan dekat Pusat Pengembangan (Pusbang) SDM Aparatur Perhubungan di Kecamatan Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, tak jauh dari Pondok Pesantren (Ponpes) Tajul Alawiyyin Pabuaran yang dipimpin Bahar Smith. Saat itu, menurut dia, Bahar Smith dari arah ponpes menuju Jalan Raya Parung, menjajal mobil yang baru diperbaiki. Namun, belum sampai ke jalan raya, Bahar menyadari sedang dibuntuti orang lain.

"Habib lagi ngetes mobil mau keluar, ke jalan raya, tapi tidak sampe ke jalan raya. Benar (ditembak) di perut, itu di polisi kan udah rilis tuh, itu benar," ujar Ichwan.

Menurut dia, Bahar dalam kondisi terluka, tapi masih bisa bisa beraktivitas dan berkomunikasi. Bahar sempat berobat ke salah satu rumah sakit di Kabupaten Bogor dan membuat laporan di Polsek Kemang, Polres Bogor.

"Jadi habib ke RS juga sendiri, walaupun darah banyak kata beliau, beliau keleyengan, tapi tetep bisa sampe ke RS," tuturnya.

Kapolres Bogor, AKBP Iman Imanuddin, berjanji akan membuat terang benderang laporan ulama Bahar Smith yang mengaku tertembak di Kemang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat.

"Terhadap laporan yang disampaikan, mudah-mudahan dari hasil penyelidikan yang dilakukan oleh tim kami, dapat membuat terang permasalahan yang sudah dilaporkan oleh pelapor," kata Iman di Cibinong, Bogor, Senin.

Meski begitu, ia enggan memaparkan secara rinci yang sedang didalami oleh Kepolisian mengenai perkara dengan Laporan Polisi Nomor LP/--/B/V/2023/SPKT/POLSEK KEMANG/POLRES BOGOR/POLDA JABAR yang diterima Jumat (12/5).

"Nanti substansi penyidikan dan penyelidikan akan kami sampaikan kalau sudah bulat menjadi satu rangkaian peristiwa hukum," ujarnya.

Iman memastikan bahwa Polres Bogor hingga kini masih melakukan pendalaman laporan Bahar Smith, termasuk menggelar olah tempat kejadian perkara (TKP). "Tim terus bekerja untuk memaksimalkan berbagai temuan, baik itu permohonan, keterangan, dan lain-lain," kata Iman.

Kabid Humas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Ibrahim Tompo, mengatakan bahwa delapan orang saksi yang diperiksa masih bersifat interogasi. Termasuk Habib Bahar sendiri.

“Masih bersifat interogasi pada delapan orang. (Yang diperiksa) Habib Bahar dan orang yang diperkirakan bisa memperjelas kejadiannya,” kata Ibrahim dikonfirmasi, Senin (15/5/2023).

Ia mengatakan, saat ini belum ada keterbaruan dari kesaksian delapan orang yang sudah diperiksa itu. Sebab, pemeriksaan saksi dilakukan baru sebatas pendalaman atas laporan penembakan yang dilaporkan oleh Habib Bahar sendiri.

“Belum ada (keterbaruan). Saksi tersebut masih sebatas untuk mendalami tentang kejadian,” katanya.

 

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement