Selasa 25 Apr 2023 18:55 WIB

Relawan Ganjar Pranowo Sebut Erick Thohir Berpotensi Besar Jadi Cawapres

Nama Erick disebutkan pertama kali oleh Presiden Jokowi terkait kandidat cawapres.

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Agus raharjo
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022).
Foto: Dok
Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan (tengah) bersama Menteri BUMN Erick Thohir (kiri) dan Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat acara peluncuran bakal calon legislatif PAN se-Jawa Tengah di Semarang, Jumat (2/12/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Relawan Ganjar Pranowo Presiden (GPP) menilai Menteri BUMN Erick Thohir banyak meraih dukungan untuk menjadi calon wakil presiden (cawapres) mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024. Ketua GPP, Nazarudin Lubis mengatakan kecenderungan cawapres dari Ganjar Pranowo saat ini berada pada Erick Thohir jika dibandingkan dengan kandidat lainnya di bursa Pilpres 2024.

“Kriteria cawapres kan sudah ada tiga, yaitu Erick Thohir, Mahfud MD, dan Sandiaga Uno. Tergantung nanti pasarnya seperti apa, untuk kecenderungannya ke Erick Thohir saya melihatnya,” ujar Nazarudin dalam keterangan tertulis di Jakarta, Selasa (25/4/2023).

Baca Juga

Seperti diketahui, Erick Thohir menjadi nama yang getol diperbincangkan oleh masyarakat untuk menjadi cawapres dari Ganjar Pranowo. Hal ini tidak lepas kompetensi yang dimiliki orang nomor satu di Kementerian BUMN dan PSSI tersebut.

Sebagai cawapres, Erick Thohir memiliki elektabilitas di jajaran tiga teratas berdasarkan hasil survei terbaru dari Indikator Politik Indonesia (IPI). Erick Thohir memiliki elektabilitas sebesar 11,8 persen dan bersaing dengan nama-nama lainnya yakni Ridwan Kamil dan Sandiaga Uno.

 

Kemudian status Erick Thohir sebagai pemimpin andalan Presiden Jokowi juga menjadi pertimbangan. Dimana, baik Ganjar Pranowo dan Erick Thohir adalah pemimpin yang dipercaya oleh masyarakat akan meneruskan pembangunan dari pemerintahan Presiden Jokowi.

Nama Erick Thohir selalu berdampingan dengan kandidat-kandidat pemimpin yang datang dari partai-partai koalisi pemerintahan. Bahkan Presiden Jokowi pun menyebutkan nama Erick Thohir sebagai sosok cawapres yang cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo di pemerintahan.

Nama Erick Thohir disebutkan pertama kali oleh Presiden Jokowi sebelum dilanjutkan dengan nama-nama kandidat lainnya selepas melakukan salat Iedul Fitri 1444 Hijriah di Kota Solo ketika ditanya oleh para wartawan siapa yang cocok untuk mendampingi Ganjar Pranowo di Pilpres 2024 mendatang.

“Banyak yang cocok untuk Pak Ganjar Pranowo, ada Pak Erick Thohir,” ujar Jokowi. Setelah itu, Jokowi menyebutkan nama Sandiaga Uno, Mahfud MD, Ridwan Kamil, Muhaimin Iskandar, dan Airlangga Hartarto.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement