Selasa 25 Apr 2023 18:09 WIB

Besok PPP Umumkan Dukungan Capres-Cawapres, KIB Berpotensi Bubar

PPP disebut-sebut akan bergabung ke koalisi pengusung Ganjar Pranowo.

Rep: Silvy Dian Setiawan, Nawir Arsyad Akbar, Fauziah Mursid, Muhmmad Noor Alfian/ Red: Andri Saubani
Plt ketua umum PPP Muhammad Mardiono menunjukan nomor urut partai saat acara Pengundian dan Penetapan Nomor Urut Partai Politik Peserta Pemilihan Umum Tahun 2024 di Kantor KPU, Jakarta, Rabu (14/12/2022).  PPP kemungkinan berkoalisi dengan PDIP mengusung Ganjar Pranowo sebagai capres di Pilpres 2024. (ilustrasi)
Foto:

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto mengatakan bandul politik akan bergerak setelah Megawati Soekarnoputri mendeklarasikan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai bakal capres. Ia mengungkapkan, akan ada beberapa partai politik yang juga akan mendeklarasikan dukungan kepada Ganjar dalam minggu-minggu ke depan.

"Setelah Ibu Megawati Soekarnoputri umumkan capres, maka berbagai kontak dengan parpol lain itu juga dilakukan, hanya kami mohon maaf tidak bisa sebutkan. Nanti kita tunggu saja, bahwa minggu-minggu ini akan muncul deklarasi dari parpol lain yang mendukung capres dari PDI Perjuangan, Bapak Ganjar," ujar Hasto di Kantor DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/4/2023).

Terkait calon wakil presiden (cawapres) untuk Ganjar, PDIP tentu akan mencermati dinamika tersebut dan dilaporkan langsung kepada Megawati. Namun yang pasti, pasangan capres-cawapres tersebut harus dapat melanjutkan keberhasilan Presiden Joko Widodo (Jokowi) jika terpilih pada pemilihan presiden (Pilpres) 2024.

Ia juga menyinggung aspek gotong royong, kesamaan agenda, hingga kedekatan dalam menjalin kerja sama politik. Salah satu contoh yang memenuhi aspek tersebut adalah Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang kantornya bersebelahan dengan Kantor DPP PDIP.

"PPP sebagai sesama partai yang termarjinalkan sesama Orde Baru dan kemudian kedekatan antara Ibu Megawati Soekarnoputri dengan tokoh-tokoh dari PPP seperti Bapak Hamzah Haz, alamarhum Mbah Maimoen, dan sebagainya, tentu saja ini sebagai sebuah contoh," ujar Hasto.

PDIP pun terbuka dengan partai politik lain yang ingin berkoalisi untuk Pilpres 2024. Namun, landasan kerja sama politik tersebut adalah mendukung Ganjar sebagai capres.

"Sudah awal arah kerja sama itu sudah dibahas, karena Ibu Megawati Soekarnoputri sangat mencermati secara ideologis historis yang juga bagaimana tanggung jawab kami kepada masa depan," ujar Hasto.

Ganjar Pranowo mengatakan PDIP akan menyiapkan konsolidasi dengan parpol lain yang siap bergabung. Hal tersebut disampaikan Ganjar ketika mengunjungi Solo Safari, Selasa (25/4/2023).

"Iya, ya partai sedang menyiapkan konsolidasinya," kata Ganjar. 

Selanjutnya, Ganjar berharap bahwa proses komunikasi antar ketua umum partai yang akan mendukung dirinya menjadi capres berjalan lebih cepat. "Mudah-mudahan komunikasinya lebih cepat," katanya. 

Disinggung soal rapimnas yang hari ini dilangsungkan PPP dan dikabarkan akan membahas soal dukungan terhadap dirinya Ganjar mengungkapkan hanya akan menunggu hasil rapat tersebut. "Ya kita tunggu saja keputusannya," katanya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement