Ahad 23 Apr 2023 06:10 WIB

Transjakarta Operasikan Empat Rute Tujuan Wisata Selama Libur Lebaran

Keempat rute tersebut yaitu 13D, 4H, 5H, dan GR3

Kendaraan Transjakarta melintas di kawasan Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan, Ahad, (30/12).
Foto: Republika/Iman Firmansyah
Kendaraan Transjakarta melintas di kawasan Kebun Binatang Ragunan Jakarta Selatan, Ahad, (30/12).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengoperasikan empat rute bus dengan tujuan ke tempat wisata selama libur Lebaran Idul Fitri 2023 bagi para wisatawan yang datang ke Ibu Kota.

"Keempat rute tersebut yaitu Puri Beta - Ragunan (13D), Pulo Gadung 2 - Ragunan (4H), Juanda - Ancol (5H) dan Ragunan - Departemen Pertanian (GR3)," kata Direktur Operasi dan Keselamatan Transjakarta Daud Joseph dalam keterangan tertulis, di Jakarta, Rabu (19/4/2023)

Joseph menerangkan rute-rute tersebut akan melayani masyarakat mulai tanggal 22 hingga 30 April 2023 yang sudah disiapkan untuk mendukung kegiatan berwisata bagi warga DKI Jakarta maupun luar kota.

Selain rute-rute tersebut, Transjakarta juga memiliki layanan ke tempat-tempat wisata lainnya seperti Taman Mini Indonesia Indah dengan rute Kampung Rambutan - Pancoran via TMII (7D).

 

Lalu, Kawasan Monas dengan rute-rute BRT koridor 1 Blok M - Kota, koridor 2 Pulo Gadung - Juanda dan koridor 3 Kalideres - Bundaran HI.

Lebih lanjut, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) juga melakukan penyesuaian jam layanan pada saat perayaan hari raya Idul Fitri 1444 H dengan layanan perdana mulai pukul 09.00 WIB.

Kebijakan ini diterapkan dengan tujuan untuk memberikan kesempatan kepada seluruh karyawan melaksanakan sholat Ied di Hari Raya Idul Fitri.

"Setelah itu, kami akan kembali melayani pelayanan terbaik bagi masyarakat dalam bermobilitas menggunakan transportasi publik yang terbaik," tambahnya.

Menurut Joseph, penyesuaian jam operasional ini berlaku di semua layanan Transjakarta baik, Bus Rapid Transit (BRT), Non BRT, Bus Wisata hingga Mikrotrans.

Sebelumnya, Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi DKI Jakarta Heru Budi Hartono menilai bahwa TransJakarta dapat meningkatkan pendapatannya dari sumber lain tanpa harus menaikkan tarif.

"Selain pelayanan TransJakarta itu umum, tentunya kan TransJakarta bisa dari sumber-sumber lainnya untuk meningkatkan pendapatan, tidak harus dari tarif TransJakarta dinaikkan," kata Heru Budi di Auditorium Dinas Pendidikan DKI, Jakarta Selatan, Kamis.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement