Senin 17 Apr 2023 15:28 WIB

Pj Gubernur Heru Berangkatkan 284 Bus Mudik Gratis DKI 2023 di Monas

Terdapat 284 bus yang mengangkut 13.541 penumpang untuk program mudik gratis 2023.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
enjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melepas keberangkatan 284 bus mudik gratis di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Senin (17/4/2023).
Foto: Republika.co.id/Haura Hafizhah
enjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melepas keberangkatan 284 bus mudik gratis di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Senin (17/4/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono melepas keberangkatan 284 bus yang akan mengangkut para pemudik dari Ibu Kota menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi melalui program Mudik Gratis Jakarta 2023 di Lapangan Monas, Jakarta Pusat pada Senin (17/4/2023).

"Terdapat 284 bus yang akan mengangkut 13.541 penumpang untuk program mudik gratis 2023. Tentunya saya imbau untuk menjaga kesehatan. Menjaga supaya kita tetap sabar di dalam (perjalanan) ke kampung halaman, jika nanti di dalam perjalanan mengalami kemacetan," kata Heru di lokasi.

Dia pun mengapresiasi kerja sama berbagai pihak yang turut menyukseskan program tahunan tersebut, seperti Baznas Bazis DKI, Bank DKI, dan PT Transjakarta. "Saya ucapkan terima kasih terutama ke Baznas, Bank DKI, Transjakarta dan seterusnya yang telah memfasilitasi dan memberikan mudik gratis tahun 2023 ini," ujar Heru.

Baca juga : Jurus Heru Korbankan Jalur Pedestrian tak Ampuh, Kawasan Santa Tetap Macet Parah

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta, Syafrin Liputo mengatakan, jajarannya telah memverifikasi seluruh peserta mudik dan memastikan semua warga yang diberangkatkan memenuhi persyaratan. Dari hasil verifikasi, terhitung sebanyak 24.164 pemudik yang siap diberangkatkan menuju kota tujuannya masing-masing.

"Pendaftar yang masuk dalam pendaftaran mudik gratis Pemprov DKI Jakarta sebanyak 28.506 pendaftar. Oleh karena itu, kami lakukan verifikasi ulang karena target yang ditetapkan hanya 19.280. Namun, animo masyarakat untuk mudik tahun ini cukup tinggi dan dari hasil verifikasi terdapat 24.164 pemudik (memenuhi persyaratan)," kata Syafrin.

Jumlah tersebut, menurut Syafrin, naik 25,3 persen dari target yang telah ditetapkan. Sehingga terdapat penambahan 18 armada dari 482 bus menjadi 500 bus untuk  arus mudik maupun balik yang dianggarkan Pemprov DKI berkat sinergi dengan berbagai pihak.

Program Mudik Gratis 2023 mengantarkan penumpang dari Jakarta menuju Kota Bandar Lampung (Lampung), Kota Palembang (Sumatra Selatan), Kuningan dan Tasikmalaya (Jawa Barat), Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo dan Wonogiri (Jawa Tengah), Yogyakarta (Provinsi DIY), serta Madiun, Kediri, Jombang dan Malang (Jawa Timur).

Baca juga : Ini Alasan Pj Heru Bongkar Jalur Pedestrian dan Sepeda di Santa Jadi Jalan Raya

Selain itu, Dishub DKI juga memberangkatkan 13 truk yang mengangkut 281 sepeda motor para pemudik dari Terminal Pulogebang menuju tujuh kota di Pulau Jawa. Lokasinya adalah Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang, dan Malang.

"Penyelenggaraan arus balik penumpang ditargetkan akan mengangkut sebanyak 10.623 penumpang menggunakan 216 bus dari 19 kota asal pemberangkatan menuju Terminal Terpadu Pulogebang, sehingga total penumpang yang mengikuti program Mudik Gratis Jakarta 2023 sebanyak 24.164 penumpang mudik dan balik," ujar Syafrin.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement