Rabu 12 Apr 2023 14:17 WIB

Banyak Jalan di DKI Rusak, Plt Kadis Bina Marga: Kami Langsung Perbaiki

Sudin Bina Marga di enam wilayah Jakarta langsung memperbaiki jalan yang rusak.

Rep: Haura Hafizhah/ Red: Erik Purnama Putra
Sejumlah pengendara melintasi jalanan berlubang di Jalan Batu Ceper, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2023).
Foto: Republika/Putra M. Akbar
Sejumlah pengendara melintasi jalanan berlubang di Jalan Batu Ceper, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (4/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Dinas Bina Marga DKI Jakarta mengatakan sudah memerintahkan Suku Dinas (Sudin) Bina Marga di enam wilayah Jakarta untuk mememeriksa jalanan di wilayah masing-masing. Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Bina Marga DKI, Heru Suwondo mengatakan, jika memang ada jalan rusak maka bisa langsung diperbaiki.

"Kita sudah perintahkan teman-teman di wilayah untuk cek area masing-masing wilayahnya. Kalau ada jalan rusak langsung diperbaiki," kata Heru saat ditemui di Jakarta Selatan pada Rabu (12/4/2023).

Dia menjelaskan, proses perbaikan jalan yang dilakukan menggunakan mode tambal sulam atau patching. Langkah itu dilakukan sebagai langkah antisipasi sebelum perbaikan permanen dilakukan. "Kita dengan patching seperti itu. Nanti, kalau sudah tutup itu kita layer. Jadi kita ada kegiatan berkala yaitu tutup lubang," ucap Heru.

Hal itu merespon pendapat anggota DPRD DKI Jakarta, Lukmanul Hakim yang geram dengan laporan banyaknya masyarakat yang menjadi korban kecelakaan akibat ruas jalan rusak di sejumlah wilayah Ibu Kota. Menurut Lukmanul, selam ini, Dinas Bina Marga DKI tidak melakukan perbaikan jalan yang signifikan.

"Jalan berlubang di Jakarta tak tertangani dengan baik. Yang dilakukan Dinas Bina Marga hanya ditambal sulam saja," kata Lukmanul di Jakarta, Jumat (18/3/2023).

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement