Jumat 07 Apr 2023 13:20 WIB

Tim Penjinak Bom Sterilisasi Sejumlah Gereja di Kota Tangerang

Tim jibom diturunkan guna memastikan tak ada gangguan kamtibmas saat Hari Paskah.

Rep: Rr Laeny Sulistyawati/ Red: Erik Purnama Putra
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho.
Foto: Dok Polrestro Tangerang Kota
Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho.

REPUBLIKA.CO.ID, TANGERANG -- Sejumlah Gereja di Kota Tangerang, disterilisasi tim penjinak bom (jibom) menjelang peribadatan perayaan Hari Raya Paskah bagi umat Kristiani. Sejumlah rangkaian kegiatan peribadatan, di antaranya Rabu Abu, Kamis Putih, Jumat Agung, Sabtu Suci, hingga Minggu Paskah.

Pengamanan menjadi perhatian personel untuk menciptakan situasi aman dan kondusif selama peringatan Paskah. Kapolres Metro Tangerang Kota, Kombes Zain Dwi Nugroho mengatakan, tim jibom diturunkan guna memastikan tidak ada gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) serta mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sebelum melakukan kegiatan peribadatan  sterilisasi dilaksanakan oleh Jibom Gegana Polda Metro Jaya, tujuannya untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, termasuk gangguan kamtibmas," katanya di Kota Tangerang, Provinsi Banten, Jumat (7/4/2023).

Dia menyebutkan, Gereja Santo Agustinus di Jalan Prambanan Raya, Kelurahan Cibodas Baru, Kecamatan Cibodas dan Gereja Santa Maria di Jalan Daan Mogot, Kecamatan Tangerang, sebelum dimulainya peribadatan, terlebih dahulu disterilisasi oleh tim jibom Polda Metro Jaya.

Zain menyebutkan, selama sterilisasi tidak ditemukan potensi kerawanan termasuk tidak adanya benda yang mencurigakan, seperti bom maupun bahan peledak lain. Sehingga, petugas menjamin situasi aman dan kondusif.

"Pengamanan kita lakukan secara humanis dan persuasif. Mulai dari skema parkir hingga pemeriksaan barang bawaan Jamaat, supaya pelaksanaannya dapat berjalan dengan baik," ujar Zain.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement