Rabu 05 Apr 2023 11:26 WIB

KPK Yakin Dewas Bakal Tangani Laporan Endar Tanpa Intervensi

KPK meyakini Dewas akan menangani laporan Endar Priantoro tanpa intervensi.

Rep: Flori Sidebang/ Red: Bilal Ramadhan
Eks Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro saat mendatangi kantor Dewan Pengawas KPK, Jakarta Selatan pada Selasa (4/4/2023). KPK meyakini Dewas akan menangani laporan Endar Priantoro tanpa intervensi.
Foto: Republika.co.id/Rizky Suryarandika
Eks Direktur Penyelidikan KPK Brigjen Endar Priantoro saat mendatangi kantor Dewan Pengawas KPK, Jakarta Selatan pada Selasa (4/4/2023). KPK meyakini Dewas akan menangani laporan Endar Priantoro tanpa intervensi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Mantan Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK, Brigjen Endar Priantoro melaporkan Ketua KPK Firli Bahur dan Sekjen KPK Cahya Harefa ke Dewan Pengawas (Dewas) terkait dugaan pelanggaran kode etik dalam pencopotan dirinya. Lembaga antirasuah ini pun menyerahkan sepenuhnya proses uji pelaporan tersebut kepada Dewas.

"Kami meyakini Dewas akan melakukan analisis dan telaah secara profesional dan independen, bebas dari intervensi dari pihak manapun," kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK, Ali Fikri kepada wartawan, Rabu (5/4/2023).

Baca Juga

Ali mengatakan, pihaknya berkomitmen mendorong setiap pegawai KPK untuk terus meningkatkan karier dan kompetensinya. Termasuk juga penguatan soliditas internal dan sinergi dengan seluruh elemen masyarakat.

"Agar pemberantasan korupsi yang dilaksanakan KPK memberikan kontribusi yang optimal bagi Bangsa Indonesia," ujar Ali.

Diketahui, Endar melayangkan laporan itu usai dicopot dari jabatannya sebagai Direktur Penyelidikan KPK. Endar meyakini pencopotannya bermuatan dugaan pelanggaran kode etik.

Endar menuding KPK terkesan tak menghargai institusi Polri. Hal ini dibuktikan dengan pemberhentian Endar meski Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sudah resmi mengirimkan surat ke KPK untuk memperpanjang masa dinas Endar di KPK.

"Pertimbangan di SK pemberhentian saya kan hanya mempertimbangkan masalah waktu pelaksana tugas. Sedangkan waktu pelaksana tugas tidak diatur tahun berapa dan lain-lain. Kemudian perpanjang masa tugas saya juga sudah ada sebelum SK itu ada. Jadi saya akan uji nanti," kata Endar kepada wartawan, Selasa (4/4/2023).

Endar memilih melapor ke Dewas KPK karena dianggap dapat bertindak independen. Endar ingin menguji keputusan rapat pimpinan (rapim) KPK apakah benar menjadi dasar pencopotannya.

"Saya akan menguji apakah betul keputusan itu sesuai dengan kode etik yang berlaku di lingkungan KPK," ucap Endar.

Sebelumnya, KPK tak mengajukan permohonan perpanjangan masa jabatan Endar di lembaga antirasuah. Padahal, penugasannya di KPK berakhir per 31 Maret 2023. KPK bahkan telah menunjuk Ronald Worotikan menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Direktur Penyelidikan (Dirlidik) KPK menggantikan Endar.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement