Ahad 02 Apr 2023 18:02 WIB

Jokowi Akui Pertemuan dengan Lima Ketum Parpol Bahas Koalisi Besar

Presiden Jokowi akui pertemuan tertutup dengan lima ketum parpol bahas koalisi besar.

Rep: Febryan A/ Red: Bilal Ramadhan
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan lima ketua umum partai politik koalisi Pemerintah usai menggelar pertemuan tertutup di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Ahad (2/4/2023). Presiden Jokowi akui pertemuan tertutup dengan lima ketum parpol bahas koalisi besar.
Foto: Dok DPP PAN
Presiden Jokowi berfoto bersama dengan lima ketua umum partai politik koalisi Pemerintah usai menggelar pertemuan tertutup di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Ahad (2/4/2023). Presiden Jokowi akui pertemuan tertutup dengan lima ketum parpol bahas koalisi besar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menggelar pertemuan tertutup dengan lima ketua umum partai politik koalisi Pemerintah di Kantor DPP PAN, Jakarta Selatan, Ahad (2/4/2023). Dalam pertemuan selama sekitar satu jam itu, para elite politik itu membahas pembentukan koalisi besar untuk menyongsong Pilpres 2024. 

"Yang berbicara itu (soal koalisi besar) ketua-ketua partai. Saya bagian mendengarkan saja," kata Jokowi kepada wartawan usai pertemuan tertutup itu, Ahad siang. 

Baca Juga

Ketum parpol yang ikut dalam pertemuan tertutup itu adalah Ketum PAN Zulkifli Hasan, Ketum Gerindra Prabowo Subianto, Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Ketum PKB Muhaimin Iskandar, dan Ketum PPP Mardiono. 

Golkar, PKB, dan PPP diketahui sudah bergabung dalam Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) untuk menyongsong Pilpres 2024. Sedangkan Gerinda dan PKB membentuk Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KKIR). 

Jokowi menilai, kelima partai yang tergabung dalam KIB dan KKIR itu cocok jika disatukan dalam sebuah koalisi besar. Kendati begitu, Jokowi menyerahkan urusan pembentukan koalisi besar tersebut kepada para ketum parpol. 

"Saya hanya bilang cocok. Terserah kepada ketua-ketua partai atau gabungan ketua partai. Untuk kebaikan negara, untuk kebaikan bangsa, untuk rakyat, hal yang berkaitan bisa dimusyawarahkan, itu akan lebih baik," ujar Jokowi yang merupakan politisi PDIP itu. 

Ketum Golkar Airlangga Hartarto memang sudah berulang kali menyinggung rencana pembentukan koalisi besar ini. Pada awal Februari lalu, Airlangga menyebut pembentukan koalisi besar itu "kita tunggu tanggal mainnya". 

Pertemuan tertutup antara Jokowi dan lima ketum parpol hari ini merupakan rangkaian dari acara bertajuk 'Silaturahmi Ramadan Bersama Presiden RI' yang digelar DPP PAN. Terdapat dua ketum partai koalisi Pemerintah yang tidak hadir. 

Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri tidak hadir karena sedang berada di Jepang. Sedangkan alasan ketidakhadiran Ketum Nasdem Surya Paloh masih simpang siur. 

Ketum PAN Zulkifli Hasan menyebut Paloh tak hadir karena sedang berada di luar negeri. Sedangkan Waketum PAN Yandri Susanto menyebut Paloh memang sengaja tak diundang. Pihaknya hanya mengundang ketum parpol yang direstui Jokowi. 

Isu Nasdem bakal ditendang dari koalisi Jokowi sempat berembus dalam beberapa waktu terakhir. Musababnya, Nasdem dianggap tak sejalan lagi dengan Jokowi karena mengusung Anies Baswedan sebagai calon presiden Pilpres 2024. Anies dianggap sebagai sosok antitesis Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement