Jumat 31 Mar 2023 16:00 WIB

'Masyarakat Cepat Lupa, Tapi Isu Timnas Isreal akan Terus Digoreng untuk Serang Ganjar'

Perlu survei untuk ukur apakah penolakan timnas Israel pengaruhi elektabilitas Ganjar

  Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, dalam Rapat Koordinasi Menyambut Idul Fitri 1444 Hijriyah, di Gedung Gradhika Bhakti Praja, Jumat (31/3/2023). Ganjar belakangan berada dalam pusaran polemik menyusul batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. (ilustrasi)
Foto:

Sekretaris Jenderal Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Hasto Kristiyanto menanggapi cibiran warganet kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster usai dibatalkannya status tuan rumah Indonesia dalam Piala Dunia U-20. Menurutnya, dinamika tersebut merupakan salah satu ujian bagi seorang pemimpin.

"Itu bagian dari suatu dinamika, suatu ujian-ujian agar pemimpin-pemimpin Indonesia memang kokoh di dalam prinsip berdasarkan suatu sejarah yang benar berdasarkan keyakinan ideologi," ujar Hasto di Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis (30/3/2023).

Penolakan terhadap tim nasional Israel dari Ganjar dan Koster merupakan bentuk sikap kemanusiaan terhadap Palestina. Mengingat negara berlambang bintang Daud itu mengambil kebijakan antikemanusiaan dan melanggar hukum internasional.

"Pak Koster, Pak Ganjar, dan juga kader-kader PDI Perjuangan yang lain telah menunjukkan sikapnya yang kokoh secara ideologis dan itu muncul dari kesadaran terhadap sejarah. Kesadaran terhadap apa yang terjadi di dunia internasional," ujar Hasto.

Dinamika elektoral dipandangnya satu hal yang lumrah. Termasuk dinamika setelah PDIP menjadi salah satu pihak yang menolak kehadiran tim nasional Israel dan berimbas pada batalnya Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20.

"Bahwa itu mengandung suatu konsekuensi atas sikap kader PDIP, yaitu harus kami terima. Kemudian kami tetap bergerak dengan keyakinan, karena dalam konteks memilih calon pemimpin anggota legislatif, menteri, presiden, wakil presiden pasti rakyat ingin pemimpin yang kokoh," ujar Hasto.

Adapun penolakan terhadap tim nasional Israel ditegaskannya tak berdasarkan kalkulasi elektoral untuk pemilihan umum (Pemilu) 2024. PDIP, tegasnya, bertindak atas keyakinan ideologi, sejarah, dan konstitusi Indonesia.

"Kami ikut sedih, kami ikut duka, tapi dalam konteks ini kita adalah bangsa gemblengan, kita bangsa besar yang tidak mudah runduk dalam berbagai kesalahan, tapi kita kemudian mencari jalan keluar bagi masa depan," ujar Hasto.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) hari ini memberikan tanggapannya terkait dua gubernur yang menolak kehadiran timnas Israel sebagai peserta Piala Dunia U-20 yakni Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali Wayan Koster. Jokowi pun kembali menegaskan agar semua pihak tak mencampuradukkan urusan olahraga dan juga politik.

"Yang paling penting jangan dicampuradukkan, saya sudah sampaikan kan. Jangan dicampuradukkan ada wilayah politik ada wilayah bola," kata Jokowi di Lido, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Jumat (31/3/2023.

Meskipun begitu, Jokowi menilai bahwa perbedaan pandangan merupakan hal yang wajar karena Indonesia merupakan negara demokrasi.

"Ya ini negara demokrasi," kata Jokowi.

Sebelumnya, Jokowi meminta agar masyarakat tak mencampuradukkan urusan olahraga dengan urusan politik. Hal ini disampaikannya menanggapi masalah penolakan sejumlah kalangan terhadap keikutsertaan Timnas Israel dalam Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia.

“Jangan mencampuradukan urusan olahraga dan urusan politik,” kata Jokowi dalam pernyataannya terkait Piala Dunia U-20, yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Selasa (28/3/2023).

Jokowi juga meminta masyarakat agar tak saling menyalahkan satu sama lain setelah FIFA memutuskan mencoret Indonesia sebagai tuan rumah penyelenggaraan Piala Dunia U-20 2023. Ia tak ingin, energi bangsa Indonesia habis untuk masalah ini saja.

“Jangan menghabiskan energi untuk saling menyalahkan satu sama lain. Dan sebagai bangsa yang besar, kita harus melihat ke depan, jangan melihat ke belakang,” ujar Jokowi dalam keterangannya yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden, Kamis (30/3/2023).

 

 

 

photo
Piala Dunia U-20 2023 Indonesia - (DOK PSSI)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement