Selasa 21 Mar 2023 18:34 WIB

Mantan Kabareskrim Susno Duadji Gabung Jadi Caleg PKB

Susno Duadji mengaku sudah sejak lahir jadi bagian Nahdlatul Ulama.

Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji resmi menjadi bakal caleg yang diusung PKB di Pemilu 2024.
Foto: dokrep
Mantan Kabareskrim Komjen Pol Susno Duadji resmi menjadi bakal caleg yang diusung PKB di Pemilu 2024.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA--Mantan kepala Bareskrim Polri Komjen Pol (Purn) Susno Duadji berkomitmen mengusung misi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dalam membasmi rekayasa hukum. Hal itu setelah secara resmi Susno Duadji bergabung sebagai bakal calon legislatif (caleg) partai tersebut.

"Visi misi saya tidak jauh dengan visi misi partai. Misalnya, penegakan hukum, menghilangkan rekayasa hukum, dan sebagainya. Jadi, saya tidak akan menyimpang dari visi dan misi partai, baik saya duduk di DPR atau tidak," kata Susno di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB, Jakarta Pusat, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga

Susno mengatakan dirinya pernah merasakan bagaimana situasi berhadapan dengan hukum, bahkan saat dia menjabat sebagai kepala Bareskrim Polri.

"Kabareskrim yang sedang menjabat saja, karena saya menangani kasus-kasus besar termasuk Gayus Tambunan, belum selesai kasus itu saya tangani, saya sudah ditangkap, yang menangkap anak buah saya sendiri, begitu kan. Sampai tiga kali saya ditangkap," katanya.

 

Oleh karena itu, dia berharap sistem hukum di Indonesia bisa ditegakkan secara imparsial dan tidak dijadikan sebagai alat untuk menyerang atau membenarkan tujuan kelompok tertentu. Dia mengaku tidak memasang target sebagai legislator dalam Pemilu 2024.

Menurutnya, aspirasi menegakkan supremasi hukum tetap bisa dilakukan meski dirinya tidak duduk di Kompleks Parlemen Senayan. "Saya akan menyalurkan aspirasi saya walaupun saya tidak duduk di DPR. Kan ada teman-teman di DPR nanti kan," kata Susno.

Dia pun mengungkapkan bahwa pilihan untuk bergabung ke PKB bukan hanya baru-baru ini, melainkan sudah sejak lahir menjadi bagian dari PKB dan Nahdlatul Ulama (NU). "Mungkin rekan-rekan bertanya kenapa saya pilih PKB? Saya sebenarnya tidak memilih, saya itu memang warga Nahdliyin dari orang tua saya, tapi karena saya polisi kan tidak boleh berorganisasi, tapi NU-nya tetap di hati," tuturnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PKB Daniel Johan mengaku Susno Duadji akan diusung sebagai bakal caleg PKB di Daerah Pemilihan (Dapil) Sumatra Selatan II. Meski demikian, Susno juga akan berjuang hingga Sumsel I demi menambah pundi-pundi suara PKB.

"Pak Susno akan maju di Dapil Sumsel II. Dengan penuh keyakinan, Pak Susno akan berjuang tanpa memperhatikan dia akan jadi anggota DPR atau tidak, tapi Pak Susno akan berjuang penuh keliling ke 11 kabupaten dan kota, bahkan ke Sumsel I dengan seluruh energinya. Bismillahirrahmanirrahim, Pak Susno akan menambah dua kursi," ujar Daniel.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement