Sabtu 27 Jul 2024 11:49 WIB

Verstappen Siapkan Strategi Agar Bisa Kompetitif di GP Belgia

Verstappen gagal menang di GP Austria, Inggris, dan Hungaria.

Pembalap Formula Satu (F1) dari Red Bull Max Verstappen
Foto: EPA-EFE/FRANCK ROBICHON
Pembalap Formula Satu (F1) dari Red Bull Max Verstappen

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pembalap Red Bull Max Verstappen menyiapkan strategi agar bisa kembali kompetitif untuk menghadapi rangkaian Grand Prix Belgia di Sirkuit Spa-Francorchamps, Sabtu (27/7/2024).

Dikutip dari laman resmi Formula 1, sang juara dunia tiga kali itu bertekad untuk memaksimalkan upayanya demi bisa bangkit dari penalti 10 grid pada balapan utama yang akan berlangsung pada Ahad (28/7/2024).

Baca Juga

Ia dikenakan penalti besar tersebut karena timnya melebihi jumlah mesin yang dialokasikan pada balapan mendatang, menyusul Red Bull yang kehilangan power unit selama akhir pekan Grand Prix Kanada.

“Kami mencoba beberapa hal karena biasanya di Spa, Anda memiliki sektor satu dan sektor tiga yang mengharuskan pembalap mencapai kecepatan tertinggi. Namun sektor tengahnya masih sangat panjang, yang mengharuskan Anda mencapai kecepatan menikung dan masih sangat sulit untuk menemukan keseimbangan yang tepat,” jelas Verstappen.

“Jadi, kami mencoba beberapa hal untuk melihat mana yang lebih baik dan tentu saja kami akan melihatnya sekarang dalam data dan menganalisisnya,” ujarnya menambahkan.

Namun, ia tidak menampik bahwa balapan di Belgia menjadi krusial bagi posisinya di klasemen. Mengingat penalti grid yang ia terima begitu besar dan para pesaingnya sekarang juga jauh lebih cepat jika dibandingkan dengan musim lalu.

Verstappen pun belum memenangkan balapan lagi. Pada tiga seri terakhir di Austria, Inggris, dan Hungaria, ia gagal berdiri di podium tertinggi. Jika pembalap Belanda itu kembali gagal menang di Belgia, keunggulan di klasemen sementara pun otomatis akan semakin terkikis.

Namun dengan tekanan yang ada, Verstappen tidak terdengar terlalu khawatir setelah sesi latihan pada Jumat (26/7/2024) berakhir.

“Kami memulai dengan cukup positif, latihan kedua mungkin tidak sebagus itu. Kami memiliki beberapa hal untuk diperhatikan. Dengan semua perubahan yang kami buat dan mudah-mudahan kami dapat menyatukan semuanya untuk balapan,” ungkap Verstappen.

“Terutama karena saya tahu saat ini saya harus memulai sedikit di belakang dengan penalti saya untuk mesin dan mencoba mengoptimalkannya,” ujarnya menambahkan.

Di sisi lain, rangkaian GP Belgia akan berlanjut pada Sabtu, dengan bergulirnya FP3 dan kualifikasi masing-masing pukul 17.30 WIB dan 21.00 WIB. Sementara, balapan utama digelar pada Ahad pukul 20.00 WIB.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement